TUGAS
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A
KURNIAWAN B. PRIANTO,
S.KOM.SH.MM
DITULIS OLEH :
YUSTA
11520123
1PA23
1.1
SILABUS
A.
Pengertian
Silabus
Menurut Wikipedia Silabus dapat didefinisikan sebagai “garis besar, ringkasan, atau
pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus digunakan untuk menyebut suatu
produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart
kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian
materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standart kompetensi dan
kemampuan dasar.
Silabus adalah rencana
pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang
mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran,
kegiatan pembelajaan, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian,
penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).
1.2 PENGERTIAN KOMPUTER SECARA UMUM
Apa yang dimaksud
dengan komputer? Secara bahasa, komputer berasal dari bahasa Yunani, yaitu
computare. Kata computare tersebut merupakan gabungan dari kata com yang
berarti menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan. Sedangkan
dalam bahasa inggris, computare disebut dengan to compute atau menghitung.
Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah
satu penemu sejarah komputer pertama kali, dan telah banyak memberikan karya
pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya. Mesin penghitung
atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles
Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam
sejarah.
Secara umum, pengertian
Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat
digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan
sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya.
A.
PENGERTIAN
KOMPUTER MENURUT PARA AHLI
Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah
perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas atau
menyelesaikan keperluan penggunanya, meliputi melakukan input data,
memproses dan menyimpan data, hingga menghasilkan output dalam
bentuk informasi.
Menurut Donal H. Sanderes, komputer merupakan
sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan sangat cepat dan tepat,
sengaja dirancang dan diorganisasikan berjalan secara otomatis dalam menerima
dan menyimpan data input, yang kemudian memprosesnya, serta
menghasilkan output di bawah pengawasan dari berbagai langkah
perintah program (dalam hal ini adalah sistem operasi) yang
tersimpan pada memori penyimpanan komputer.
Menurut Elias M. Awad,
komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data dan kemudian
menyajikannya dalam bentuk data analog dan digital.
Menurut Arif Susanto,
komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas alat input,
alat yang mengolah input (proccess), dan alat output yang
memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.
1.3
SEJARAH KOMPUTER
- Generasi
Pertama (1940-1956)
Selama periode ini,
generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama
menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori.
Tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan
elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk
dioperasikan dan berbiaya sangat mahal. UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama
yang digunakan badan sensus Amerika Serikat.
- Generasi
Kedua (1964-1971)
Teknologi
tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada
komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah
bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer
menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman
mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan
memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik. IBM 7000, NCR 304, IBM 650,
IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari generasi kedua komputer.
- Generasi
Ketiga (1964-1971)
Pengembangan sirkuit
terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor
semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan
semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama
periode ini, mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga juga sudah
dilengkapi dengan sistem operasi
PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 adalah
contoh dari komputer generasi ketiga.
- Generasi
Keempat (1971-sekarang)
Di periode ini prosesor mikro mulai
diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon
chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di
sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (pc) mulai
digunakan. Dengan teknologi yang lebih maju, generasi keempat menjadi tonggak
awal pembangunan internet.
IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE II adalah
contoh komputer generasi keempat.
- Generasi
kelima (sekarang-masa depan)
Komputer generasi kelima
dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap
pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi
pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar
dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk
mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.
2.1 DEFINISI
DAN PRINSIP KERJA KOMPUTER
·
PRINSIP
PERTAMA
Komputer merupakan
suatu alat elektronik yang dapat menerima input data dan mengolahnya menjadi
suatu informasi, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memorinya,
serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya, dimana bekerja secara
otomatis.
A. Input Device, adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk memasukkan data
ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse,
joystick dan lain-lain.
B. Processor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh
aktifitas computer
itu sendiri. Prosesor terdiri dari tiga
bagian utama, yaitu;
1. Control Unit (CU) merupakan komponen utama prosesor yang
mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input
device sampai output device.
2. Arithmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari prosesor yang khusus
mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika
(perbandingan).
3. Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja,
tidak dapat diubah, dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi
ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Tapi pada saat sekarang ini ROM
telah mengalami perkembangan dan jenisnya antara lain:
a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa
kita program kembali.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan
perkembangan dari versi PROM.
c.
EPROM
(Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali.
d.
EEPROM
(Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita
dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik.
4. Random Access Memori (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara
random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara
waktu (power on). Jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan
dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah mempercepat pemroses data pada
komputer.
C.
Memory adalah media penyimpan data pada komputer.
Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu:
D.
Output
Device adalah perangkat
komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas
(hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya
printer, speaker, plotter, monitor dan yang lainnya.
Jadi prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
2.2
ELEMEN
DASAR KOMPUTER
Elemen dari computer terbagi menjadi 3 bagian, yaitu
hardware, software, dan brainware. Berikut adalah penjelasan dari bagian
computer :
2.2.1
Hardware
v
Pengertian
Hardware
Pengertian dari hardware
atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras”
adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa
dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi.
v
Fungsi
Hardware
v
Menerima Input
Hardware tertentu memiliki fungsi khusus
untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan
diproses menjadi informasi baru.
v
Mengolah Data/ Informasi
Setelah menerima masukan atau input,
beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input
tersebut menjadi informasi baru.
v Memberikan
Output
Setelah diproses, hardware tertentu
akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat
oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.
v Menyimpan Data/
Informasi
Output yang
dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder
pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam
komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.
v Jenis – Jenis Hardware berdasarkan
fungsinya
v
Perangkat
Masukan (Input Device)
Input
device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk
memasukkan data atau informas ke komputer. Data atau informasi tersebut dapat
berbentuk gambar, teks, video, dan audio.
Beberapa contoh input
device antara lain:
· Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington
Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun
1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
v
Jenis-Jenis Keyboard :
·
QWERTY
·
DVORAK
·
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis
QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY
memiliki empat bagian yaitu :
1. Typewriter
key
2. Numeric
key
3.
Function key
4.
Special function key.
· Mouse
Perangkat yang
berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih
menu yang ada di komputer. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai
dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga
tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol
kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana
letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana
penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi
bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain
itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu
menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini
akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click) Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
·
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan
pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit
ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
·
Scanner
Hardware ini berperan untuk mengubah dokumen
hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan
dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.
v Perangkat
Pemrosesan Device
Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah
atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.
Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat
memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.
Beberapa contoh process device adalah:
·
CPU: ini adalah otak komputer
yang mengontrol semua proses kerja pada
komputer,
mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.
·
VGA: merupakan hardware yang
berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya
ditampilkan pada layar monitor komputer.
·
RAM: Random Access
Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat
menentukan kecepatan akses computer.
v Perangkat Keluaran (Output Device)
Output device adalah perangkat dalam komputer
yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer
yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.
Misalnya informasi atau data yang dikeluarkan dalam
bentuk gambar, teks, video, dan audio.
Beberapa hardware untuk ouput divice tersebut
diantaranya:
·
Monitor: mengacu dari pengertian
hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah
komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus dimiliki setiap
perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan
dokumen.
·
Printer: seperti yang telah
dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau
bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk mencetak segala macam
dokumen yang dibutuhkan.
·
Proyektor LCD: proyektor
LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke
layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat
disampaikan dengan lebih jelas.
v
Perangkat penyimpanan pada computer
Perangkat penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan
data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu
contoh storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan
data di dalam komputer.
Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga
dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.
v Perangkat tambahan (periferal)
Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu
komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu
contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat
komputer dengan jaringan internet.
2.2.2
SOFTWARE
v PENGERTIAN
SOFTWARE
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai
perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat
keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan
disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak
dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara
fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk dioperasikan. Software
disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang
dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak
ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun
dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan sebutan software ini
merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer, data
yang disimpan tersebut dapat berupa program ataupun berupa instruksi yang akan
dijalankan oleh perintah, maupun oleh catatan-catatan yang diperlukan oleh
komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
Untuk mencapai keinginan tersebut dibuat atau
dirancanglah suatu susunan logika, logika yang dirancang atau disusun ini
diolah melalui perankat lunak yang sering disebut dengan program dan data-data
yang diolahnya. Pengelolahan pada perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal.
diantaranya seperti sistem operasi “OS”, program dan juga data. Software ini
mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin
komputer. Software
dapat disimpan di berbagai komponen perangkat keras (hardware). Software dapat
disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna pada media penyimpanan
seperti Hardisk, SSD, dan DVD. Beberapa software disimpan di dalam hardware
penyimpanan secara permanen (ROM) yang disebut firmware. Firmware merupakan
program kecil dengan instruksi dasar dari sebuah hardware yang biasanya dibuat
dengan bahasa pemrograman mesin.
v Fungsi Software
·
Memproses
data, perintah, atau instruksi khusus agar pengguna dapat
mengoperasikan
komputernya sesuai dengan hasil informasi yang diinginkan.
·
Sarana
interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat kerasnya.
·
Mengidentifikasi
suatu program yang ada di sebuah komputer.
·
Menyediakan
fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar dapat dioperasikan. Seperti ketersediaan
sistem operasi pada komputer.
·
Penerjemah
suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, agar dapat dimengerti
oleh komputer.
·
Program Aplikasi (Aplication Software)
Merupakan suatu program paket yang
telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu. Program aplikasi
terdiri dari:
1.
Word
Processing/Processor (Pengolah Kata)
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam
pengoperasiannya menggunakan text (text basic).
- Wordstar
Profesional
- Word
Perfect
- Chiwriter
- Microsoft
Word
-
Word Star
2. Program Database
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi
untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.
1.
Dbase
2. Foxpro
3. Microsoft
Acces
3. Program Spreadsheet
Merupakan salah satu program aplikasi
yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan
secara otomatis.
1. Lotus 123
2.
Microsoft
Excel
3. Quatro
4. Supercheck
4. Program CAD (Computer Aided Design)
Merupakan salah satu program aplikasi yang
berfungsi untuk media lukis (alat lukis)
1.Auto
Cad
2. Pro Design
3.
Corel Draw
4.
Adobe Photoshop
5. Program Layout Artikel (Publisher)
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi
khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media
cetak/elektronik
1.
Page Maker
2.
Ventura
3.
Harvard Publisher
4.
Newmaster
v Jenis Software
1. Sistem
Operasi
OS
adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi
dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini
juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi
ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah
tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS
disampaikan ke hardware.
Misalnya,
kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut
akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer.
Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing
OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling
banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan
perawatan.
2. Program
Aplikasi
Software
ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah
untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi
yang membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya
yaitu:
o Pengolah kata
Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop,
label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word,
Open Office Org. Writer dsb
o Pengolah angka
Aplikasi ini
digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi
ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.
o Pengolah presentasi
Aplikasi ini
digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft
Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
o Pengolah gambar
Aplikasi ini
digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain;
Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.
o Dan lain-lain
Dalam aplikasi
ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah
aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang
terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft
Access dsb.
Perlu diketahui
juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau
hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa
di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di
beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows
maupun Linux.
Perlu diketahui juga bahwa sebuah
aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS
tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows.
Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi
Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.
o Malicious
Software
Malicious
software adalah software yang dibuat untuk melakukan instruksi-instruksi
terkait merusak sistem komputer atau pencurian informasi pengguna, misalnya
akun pribadi dan rekening bank. Beberapa contoh malware adalah virus komputer
dan program phising (penipuan).
3. Bahasa Pemograman
Software ini
digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan
Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa
Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.
·
Assembler (perakit):
Merupakan
program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis
dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik
menjadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik masing-masing kode operasi mesin
tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik
tertentu yang disebut dengan mnemonic.
Program yang
ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source program)
dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program
objek(object program=OBJ). Proses pembuatan program obyek dari program sumber
juga akan menampilkan daftar kesalahan-kesalahan sintaks(jika ada) yang dibuat
oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di
proses lebih lanjut.
·
Compiler:
Menterjemahkan
setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan
dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file
exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak
lagi.
·
Interpreter:
Menterjemahkan
instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca
instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.
Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
4.
Pembagian software menurut distribusinya.
Menurut distribusinya, software dapat
dibagi menjadi:
·
Adware. Software ini umumnya bersifat gratis namun
dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.
·
Freeware. Software yang bersifat gratis dan dapat
digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki
fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.
·
Shareware. Software jenis ini memiliki batasan waktu
tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi
kepemilikan dengan membeli serial number.
·
Spyware. Software yang mampu memata-matai aktifitas
pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk
mencuri data.
·
Open Source. Software yang bisa dirubah, ditingkatkan
dan disebarluaskan karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya
software ini bersifat gratis, dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan
memiliki lisensi GPL (General Public License).
5.
Jenis Software Berdasarkan
Distribusi
Software atau
perangkat lunak biasanya dibuat oleh suatu perusahaan tertentu untuk memberikan
suatu pelayanan terkait pemenuhan kebutuhan pengguna. Berikut jenis software
yang dibedakan berdasarkan cara distribusi software.
1.
Shareware atau Trialware
Shareware
adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembangan
untuk tujuan tertentu terkait pemasaran suatu software. Shareware biasanya
mempunyai fitur yang terbatas dari versi lain yang diproduksi oleh pengembang.
Dalam kasus ini shareware kebanyakan berada dalam versi uji coba (trial) dan
lite. Dalam versi trial, pengguna diberikan batasan waktu untuk menggunakan
shareware.
Contohnya: Internet Download Manager.
2.
Commercial Software
Commercial
software adalah jenis software yang didistribusikan secara berbayar untuk
mendapatkan paket instalasi dan menggunakan lisensi spesifik terhadap
masing-masing komputer atau akun pengguna. Commercial software mempunyai
dukungan lembaga hukum terkait kebijakan distribusi software secara ilegal oleh
pengguna.
Contohnya: Microsoft Office, Corel, dan MATLAB.
3.
Freeware atau Freesoftware
Freeware
adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang.
Freeware menyediakan versi penuh kepada pengguna. Freeware tidak memerlukan
lisensi khusus untuk digunakan.
Contohnya: Google Chrome dan Mozilla Firefox
4.
Firmware
Firmware
adalah software yang mengarah pada sebuah program yang menyediakan instruksi-instruksi
dasar yang dapat dilakukan oleh suatu perangkat keras (hardware). Firmware
didistribusikan secara gratis dan dilakukan pembaharuan secara berkala saat
terjadi bug. Firmware yang tersimpan pada ROM tidak dapat dilakukan pembaharuan
sedangkan firmware yang tersimpan pada EEPROM dapat dilakukan pembaharuan.
Contoh: Firmware Arduino.
5.
Open Source Software
Open source
software atau perangkat lunak kode terbuka adalah jenis software yang kode
sumbernya (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Berbeda
dengan freeware yang didapatkan secara gratis namun tetap mempunyai ikatan
hukum untuk tidak mendistribusikan ulang atau plagiat. Open source software
dapat didistribusikan ulang dan modifikasi secara bebas oleh pengguna secara gratis
maupun komersial tanpa lisensi khusus. Open source software biasanya
dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan dukungan kontribusi oleh komunitas
atau organisasi tertentu.
Contoh:
WordPress dan Linux.
2.2.3
BRAINWARE
v PENGERTIAN BRAINWARE
Brainware
adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang digunakan untuk manusia yang
berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem
komputer yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil
yang diinginkan. Tingkatan brainware terdiri atas system analyst, programmer,
administrator, dan operator. Sedangkan bagian-bagian brainware terdiri atas
operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programmer,
graphic designer, spesialis jaringan, database administrator, dan system
analitis.
Jadi secara
sederhana istilah brainware disini merujuk kepada orang- orang yang menggunakan
atau mengoperasikan perangkat komputer. Ini menjadikan istilah brainware adalah
seorang manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan
komputer. Brainware juga sering diasosiasikan sebagai perangkat intelektual
yang mempunyai skill memakai dan menjelajahi sistem hardware (perangkat keras)
mau pun software (perangkat lunak).
Sedangkan
dalam dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware merujuk pada
seseorang atau pun sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual dalam
mengeksplorasi dan menjalankan jaringan sistem informasi manajemen perusahaan
tersebut. Disini brainware sistem informasi manajemen bisnis akan sangat
berguna dalam menghasilkan dan mengolah informasi menjadi benefit.
Keuntungan
atau benefit ini akan berpengaruh pada perusahaan tersebut. Seperti pengolahan
data, input dan output atau apa saja yang bisa didapatkan perusahaan untuk
dapat dikelola nantinya. Semua itu akan berguna bagi kelangsungan organisasi
maupun perusahaan untuk lebih unggul dalam kompetisi dan persaingan di dunia
bisnis itu sendiri.
v
JENIS -JENIS BRAINWARE
1. Operator Komputer
Bertanggung
jawab untuk mengolah datamelalui sistem yang berhubungan dengan komputer.
Operator harusmengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang
telahdisusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator
tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selamaprogram itu berjalan.
2. Teknisi
Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang
segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harusmempunyai pengetahuan
luas mengenai troubleshooting dansebagainya.
3.
Trainer
Trainer adalah
seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya,
dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4. Konsultan
Konsultan
adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknyaseorang penasehat handal di
dalam bidangnya.
5. Project Manager
Project
manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di
suatu project tertent.
6. Programmer
Bertugas
membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui
program yang telah dibuatnya.
7. Graphic Designer
Seorang
Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat
suatu objek animasi.
8. Spesialis Jaringan
Spesialis
jaringan adalah seorang Brainware yang sudah mahir didalam dunia
Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan
Jaringan Komputer.
v Komponen
Brainware
· Hardware engineer
Biasanya
bidang pekerjaan ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan serta keahlian di
bidang perangkat keras komputer. Pekerja di bidang ini akan bertanggung jawab
dalam pengembangan teknik atau metode baru dalam pembuatan hardware untuk
membuat inovasi maupun produk yang lebih advance dari versi sebelumnya.
·
Software
engineer
Mereka yang
bekerja di bidang pengembangan software engineer juga harus memiliki pengetahuan
dan keahlian dalam bidang jaringan komputer. Software engineer bertanggung
jawab dalam mengembangkan serta merancang teknik atau metode baru dalam jaringan
komputer.
v Contoh-
contoh Brainware
Selanjutnya adalah contoh- contoh
penerapan dari istilah brainware itu sendiri. Dibawah ini adalah contoh- contoh
brainware dalam penerapannya :
· Netter
Netter adalah
rujukan bagi mereka pengguna internet yang menjelajahi situs- situs web untuk
mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini juga bisa mengacu pada individu,
sekelompok orang mau pun sebuah organisasi.
·
EDP
Department
Beberapa orang
menyebutnya sebagai orang- orang yang berada di IT Department. EDP Department
atau Pengolah Data Elektronik adalah penggunaan suatu metode otomatis dalam
mengolah data komersial untuk suatu perusahaan.
·
Network
System
Istilah ini
merujuk pada sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan
komputer. Normalnya sistem operasi ini terdiri dari atas banyak kumpulan
layanan yang ditujukan agar dapat memberikan pelayanan bagi para pengguna
komputer.
3.3
PENGGOLONGAN KOMPUTER
3.3.1
BERDASARKAN GENERASI
·
Komputer Generasi Pertama (I)
Komputer ini memiliki komponen-komponen dari tabung hampa, sehingga ukurannya sangat besar. Pada tahun 1946 ENIAC, yaitu Komputer elektronik pertma di dunia, dengan bobot mencapai 30 ton, panjang 30 m, tinggi 2,4 m dan bisa membutuhkan daya listrik sampai 174 kw.
·
Komputer Generasi Kedua (II)
Computer gerasi ini ditandai dengan penggunaan transistor, sebagai kompomen
elektroniknya. Sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti, Cobol, Fortran,
Algol. Mempunyai kapasitas memori utama sudah cukup besar,dan prosesnya
pengoperasiannya sudah cepat, sudah lebih kecil dan hemat biaya. Contoh
komputer generasi II adalah UNIVAC (Universal Automatic Computer)
·
Komputer Generasi Ketiga (III)
Komputer ini sudah menggunakan IC(Integrated Circuit), pemprosesannya lebih cepat, bentuk fisiknya pun sudah lebih kecil dan mulai banyak bermunculan application software. Dan memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program sekaligus. Kelebihan lain yang ada pada komputer ini adalah sudah mulai menggunakan keybord dan monitor. Contoh komputer generasi III adala IBM S/360
·
Komputer Generasi Keempat (IV)
Komputer pada generasi sudah dilengkapi dengan tekhnologi LSI (Large Scale
Integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian
dikembangkan komputer Micro yang menggunakan Micro Processor dan Semi
Conductor. Contoh komputer generasi IV yaitu IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT
& XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Apple II,
COMMODORE PC.
·
Komputer Generasi Kelima (V)
Komputer generasi ini, menggunakan VLSI(Veri Large Scale Integration), adanya Micro Processor dan semi conductor. Komputer generasi ini jga mengembangkan komputer yang bisa becakap sendiri dengan manusia sehingga bisa meniru intelegensi manusia. Dan juga kenal dengan sebutan Generasi Pentium. Seolah-olah komputer ini memiliki pikiran sendiri.
3.3.2
BERDASARKAN PROCESSOR
·
Supercomputer
Mesin
ini dapat menganalisis dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang
tidak terlihat. Pada bidang bisnis, komputer jenis ini dapat membaca dan
mengartikan suatu pola dalam sejumlah data yang besar.
·
Mainframe
Mainframe disediakan
untuk banyak pengguna (multi user) dan setiap pengguna dapat menggunakan
program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). Komputer jenis ini
mempunyai CPU yang berbeda pada satu mesin sendiri, mempunyai peranggkap
penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak
terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini
biasanya digunakan pada perusahaan yang berskala besar.
·
Minicomputer
Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Bedanya
kalau mainframe dapat memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas
hanya sampai puluhan dan mungkin hanya ratusan.
·
Personal Computer (PC)
Personal Computer adalah komputer yang ditunjukan untuk satu pengguna dengan
satu program aplikasi pada suatu saat. Komputer ini terdiri dari monitor,
keyboard, dan CPU. Namun di dalam CPU ini sebenarnya tidak hanya terdapat prosesor,
ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan
(priferal). Komputer ini merupakan komputer yang paling banyak digunakan.
3.3.3
BERDASARKAN BENTUK DAN
UKURAN FISIK
1. Tower (menara)
adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja,karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
2.
Desktop (meja)
adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai sekarang ini adalah jenis desktop.
3.
Portable (mudah dibawah-bawah)
adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang popular karena relatif besar dan berat.
4. Notebook (buku
catatan)
adalah computer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg. Notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki Hardisk yang besar, Processor yang kuat dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang.
5. Subnotebook
adalah komputer yang ukuran ada diantara
komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari
notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk
drive.
6. Palmtop
adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pamakai.
3.3.4
BERDASARKAN JENIS DATA YANG
DIOLAH
1.
Komputer Analog
Komputer Analog adalah komputer yang digunakan
untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer
jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini
adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan
voltase listrik.
2. Komputer
Digital
Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data
kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter
khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman).
Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal
computer).
3. Komputer
Hybrid
Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer
digital. contoh dari komputer ini adalah faksimile.
3.3.5
BERDASARKAN TUJUANNYA
1. General Purpose Computer (Komputer untuk
Tujuan Umum)
Sebagian besar
komputer yang digunakan saat ini adalah general purpose computer, yang dibuat
dengan tujuan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Dengan menggunakan
jenis general purpose computer dan perangkat lunak tertentu maka berbagai macam
tugas dapat diselesaikan, diantaranya menulis dan mengedit dokumen,
memanipulasi data dalam database, melacak persediaan produksi, melakukan
perhitungan ilmiah, atau bahkan mengontrol sistem keamanan, konsumsi listrik
dan suhu bangunan sebuah organisasi.
Feneral purpose computer dirancang
untuk melakukan berbagai macam fungsi dan operasi. Anda mungkin bahkan menggunakan
jenis komputer ini untuk membaca artike ini dan sebenarnya saya juga
menggunakan jenis general purpose computer untuk menulis artikel ini.
2.
Special
Purpose Computer (Komputer untuk Tujuan Khusus)
Seperti namanya, special purpose
computer dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan hampir setiap waktu tugas
jenis komputer ini adalah untuk memecahakan satu masalah tertentu. Mereka juga
dikenal sebagai komputer khusus, karena dikhususkan untuk melakukan satu tugas
berkali-kali.
Sistem special purpose computer akan
sangat berguna dalam memainkan grafis video game yang intensif, sistem kontrol
lampu lalu lintas, sistem navigasi di dalam pesawat, peramalan cuaca, pelacakan
atau peluncuran satelit, penambangan minyak, dan pada industri
otomotif, pencatat waktu pada jam tangan digital, atau robot helikopter.
Meskipun special purpose computer
mungkin memiliki banyak fitur yang sama dengan yang ditemukan pada jenis
general purpose computer, namun penerapannya untuk memecahkan masalah tertentu
merupakan tujuan dari perancangan special purpose computer. Instruksi yang
mengendalikannya dibangun langsung ke dalam komputer, sehingga membuat sebuah
operasi lebih efisien dan efektif.
Special purpose computer hanya
melakukan satu fungsi sehingga akan mengurangi jumlah memori yang dibutuhkan
dan juga jumlah informasi yang dapat menjadi input ke dalamnya. Karena jenis
komputer-komputer ini hanya harus melakukan satu tugas maka mereka cepat dalam
melakukan pemrosesan.
Kekurangan dari jenis komputer ini
adalah fleksibilitas komputer itu sendiri, special purpose computer tidak bisa
digunakan untuk melakukan operasi-operasi lainnya.
4.1 KONFIGURASI SISTEM KOMPUTER
Komputer adalah sebuah perangkat yang memungkinkan
seseorang lebih terbantu dan ringan terutama di dalam menghadapi persoalan
pekerjaannya terlebih lagi apabila manusia dihadapkan pada persoalan menghitung
angka-angka besar dan mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi. Namun apakah
sebenarnya komputer tersebut dan apa saja perangkat yang ada di dalamnya?.
Untuk menjawab semua itu marilah kita bahas arsitektur/ konfigurasi dari
komputer tersebut.
Komputer terbagi menjadi
beberapa bagian yaitu :
1.
Perangkat Keras atau yang dikenal dengan
istilah Hardware
2.
Perangkat Lunak atau yang diistilahkan
sebagai Software
3.
Serta Perangkat Otak atau yang dikenal dengan
Brainware
4.2
INPUT DAN OUTPUT DEVICE
Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar
yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari
mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem
mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor,
atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.
Fungsi input device pada komputer adalah untuk menerima
masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan
diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device yang masuk ke
mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance input. Signal
input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input berupa program
yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh perangkat input
device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner, webcam,
microphone, CD, hardisk dan lain-lain.
Fungsi input device pada komputer adalah
untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju
mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device
yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance
input. Signal input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input
berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh
perangkat input device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner,
webcam, microphone, CD, hardisk dan lain-lain.
Fungsi
output device pada komputer adalah untuk menerima keluaran data dari
mikroprosesor CPU komputer yang telah diterjemahkan sehingga dapat berupa
gambar, tulisan, suara dan sebagainya. Contoh perangkat output device yang
biasanya digunakan untuk menerima hasil olahan komputer seperti printer,
monitor, speaker, dan sebagainya.
4.3
CPU
v
Pengertian CPU
CPU yang merupakan singkatan dari
Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses
data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer
karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk
aplikasi atau software di dalamnya.
Apapun itu semua hal yang berkaitan
dengan proses dalam komputer baik suatu proses yang sepele sekalipun akan
selalu diatur oleh CPU. Misalnya saat Anda menekan tombol huruf “H” pada
keyboard saat mengetik, huruf “H” tersebut akan muncul di layar, CPU lah yang
memungkinkan hal itu terjadi. Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer
maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun atau komputer tidak dapat
menjalankan programnya.
CPU secara teknis juga lebih sering disebut
sebagai prosesor, oleh karena itu saat membaca dan mengenali spesifikasi suatu
prosesor maka sebenarnya Anda sedang membaca spesifikasi CPU suatu perangkat.
v Komponen
CPU
Suatu CPU setidaknya memiliki sebuah
“prosesor” atau suatu chip yang tertanam didalamnya yang berfungsi dalam proses
kalkulasi komputer. Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga
memungkinkan sebuah CPU memiliki lebih dari prosesor atau yang juga disebut
sebagai “processor core”.
Istilah-istilah yang sering kita
dengar saat ini juga berasal dari perkembangan teknologi CPU tersebut misalnya
teknologi “dual core” dimana dalam sebuah CPU terdapat dua processing core,
maupun quad core yang memiliki empat processing core. Sebuah CPU yang canggih
bahkan memiliki teknologi dengan enam (hexa core) maupun delapan processing
core (octo core).
v Fungsi
CPU
Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras. CPU hampir sama seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kompleks dalam melakukan pemrosesan dari intruksi-intruksi yang diberikan. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM, setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih.
4.4 MEMORI
v PENGERTIAN MEMORI
Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.
v PENGGUNAAN MEMORI
Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah
sebagai berikut:
·
RAM atau Random
Access Memory
·
Cache Memory (SRAM) (Static
RAM)
·
Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)
·
Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis
·
Perangkat penyimpanan berbasis disk optik
·
Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read
Only Memory)
·
Punched Card (kuno)
·
CD atau Compact
Disk
·
DVD
DAFTAR PUSTAKA
https://www.romadecade.org/sejarah-komputer/#
https://calon-amd.blogspot.com/2019/07/pengertian-komputer-menurut-para-ahli.html
https://syaifudinsulung.wordpress.com/2013/01/18/prinsip-kerja-komputer/
https://www.dosenpendidikan.co.id/hardware-adalah/
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-hardware.html
https://www.dosenpendidikan.co.id/software-adalah/
https://www.dosenpendidikan.co.id/brainware-adalah/
https://idcloudhost.com/pengertian-brainware-fungsi-jenis-jenis-komponen-dan-contoh-brainware/
http://planet2501.blogspot.com/2015/05/jenis-komputer-berdasarkan-bentuk-dan.html
http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/penggolongan-komputer-berdasarkan-data.html
https://www.jejakwaktu.com/jenis-jenis-komputer-tujuan/
https://idcloudhost.com/kamus-hosting/cpu/
https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_(komputer)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar