Rabu, 07 Oktober 2020

TUGAS MATKUL PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A - MINGGU1

 

 

TUGAS
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A
KURNIAWAN B. PRIANTO,

S.KOM.SH.MM

 



 

DITULIS OLEH :

YUSTA

11520123

1PA23

 

 

 

1.1       SILABUS

A.    Pengertian Silabus

Menurut Wikipedia Silabus dapat didefinisikan sebagai “garis besar, ringkasan, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran”. Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standart kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standart kompetensi dan kemampuan dasar.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaan, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).

 

1.2     PENGERTIAN KOMPUTER SECARA UMUM

Apa yang dimaksud dengan komputer? Secara bahasa, komputer berasal dari bahasa Yunani, yaitu computare. Kata computare tersebut merupakan gabungan dari kata com yang berarti menggabungkan dan putare yang artinya memikirkan perhitungan. Sedangkan dalam bahasa inggris, computare disebut dengan to compute atau menghitung. Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali, dan telah banyak memberikan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya. Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.

Secara umum, pengertian Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga menghasilkan informasi bermanfaat bagi penggunanya.

 

A.    PENGERTIAN KOMPUTER MENURUT PARA AHLI

Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas atau menyelesaikan keperluan penggunanya, meliputi melakukan input data, memproses dan menyimpan data, hingga menghasilkan output dalam bentuk informasi.

Menurut Donal H. Sanderes, komputer merupakan sistem elektronik yang dapat memanipulasi data dengan sangat cepat dan tepat, sengaja dirancang dan diorganisasikan berjalan secara otomatis dalam menerima dan menyimpan data input, yang kemudian memprosesnya, serta menghasilkan output di bawah pengawasan dari berbagai langkah perintah program (dalam hal ini adalah sistem operasi) yang tersimpan pada memori penyimpanan komputer.

Menurut Elias M. Awad, komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data dan kemudian menyajikannya dalam bentuk data analog dan digital.

Menurut Arif Susanto, komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas alat input, alat yang mengolah input (proccess), dan alat output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

 

1.3       SEJARAH KOMPUTER

-  Generasi Pertama (1940-1956)

Selama periode ini, generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memori. Tabung vakum digunakan untuk memeperkuat sinyal dengan mengendalikan gerakan elektron di ruang evakuasi. Komputer generasi pertama sangatlah sulit untuk dioperasikan dan berbiaya sangat mahal. UNIVAC dan ENIAC adalah contoh komputer generasi pertama yang digunakan badan sensus Amerika Serikat.

-  Generasi Kedua (1964-1971)

Teknologi tabung vakum mulai tergantikan dengan transistor. Penggunaan transistor pada komputer mulai digunakan di akhir 1950-an. Keunggulan transistor adalah bentuknya yang lebih kecil. Dengan bentuk minimalis dari transistor, komputer menjadi lebih kecil dan hemat energi. Di generasi kedua ini, bahasa pemograman mulai diperkenalkan, seperti contohnya COBOL dan Fortran. Teknologi penyimpanan memori juga berubah dari drum magnetik menjadi teknologi magnetik. IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III adalah contoh dari generasi kedua komputer.

-  Generasi Ketiga (1964-1971)

Pengembangan sirkuit terpadu adalah ciri khas dari generasi ketiga komputer. Bentuk transistor semakin diperkecil dan ditempatkan di chip silikon, yang dinamakan semikonduktor. Teknologi ini semakin mempercepat kinerja komputer. Selama periode ini, mouse dan keyboard mulai diperkenalkan, generasi ketiga juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi

PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 adalah contoh dari komputer generasi ketiga.

-  Generasi Keempat (1971-sekarang)

Di periode ini prosesor mikro mulai diperkenalkan, saat ribuan sirkuit terpadu dimasukan ke dalam sebuah silikon chip yang kecil. Prosesor pertama Intel, 404 chip mulai menjadi otak utama di sebuah komputer. saat periode inilah istilah Personal Computer (pc) mulai digunakan. Dengan teknologi yang lebih maju, generasi keempat menjadi tonggak awal pembangunan internet.

IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE II adalah contoh komputer generasi keempat.

 

-  Generasi kelima (sekarang-masa depan)

Komputer generasi kelima dibangun berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dan masih dalam tahap pengembangan. Contoh teknologi yang sudah sering digunakan adalah teknologi pengenal suara. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor menjadi dasar dari kecerdasan buatan. Tujuan dari komputasi generasi terbaru adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespon bahasa manusia.

2.1        DEFINISI DAN PRINSIP KERJA KOMPUTER

·   PRINSIP PERTAMA

Komputer merupakan suatu alat elektronik yang dapat menerima input data dan mengolahnya menjadi suatu informasi, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memorinya, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya, dimana bekerja secara otomatis.

A. Input Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data

ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.

B.  Processor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas computer

itu sendiri. Prosesor terdiri dari tiga bagian utama, yaitu;

1.      Control Unit (CU) merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.

2.      Arithmetic Logic Unit (ALU) merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).

3.      Read Only Memory (ROM) yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat diubah, dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan jenisnya antara lain:

a.  PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali.

b.   RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM.

c.    EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali.

d.   EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik.

4.      Random Access Memori (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on). Jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah mempercepat pemroses data pada komputer.

C.    Memory adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu:

D.    Output Device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan yang lainnya.

Jadi prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.


2.2        ELEMEN DASAR KOMPUTER

Elemen dari computer terbagi menjadi 3 bagian, yaitu hardware, software, dan brainware. Berikut adalah penjelasan dari bagian computer :

2.2.1      Hardware

v  Pengertian Hardware

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

v  Fungsi Hardware

v  Menerima Input

Hardware tertentu memiliki fungsi khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user. Masukan tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

v  Mengolah Data/ Informasi

Setelah menerima masukan atau input, beberapa hardware memiliki fungsi khusus untuk mengolah atau memproses input tersebut menjadi informasi baru.

v  Memberikan Output

Setelah diproses, hardware tertentu akan memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user akan ditampilkan melalui hardware khusus.

v  Menyimpan Data/ Informasi

Output yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya terpasang di dalam komputer, namun ada juga hardware yang dipasang di luar.

 

v  Jenis – Jenis Hardware berdasarkan fungsinya

v Perangkat Masukan (Input Device)

Input device (perangkat masukan) adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data atau informas ke komputer. Data atau informasi tersebut dapat berbentuk gambar, teks, video, dan audio.

Beberapa contoh input device antara lain:

·   Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington

Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

v  Jenis-Jenis Keyboard :

·   QWERTY

·   DVORAK

·   KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :

1.   Typewriter key

2.   Numeric key

3.   Function key

4.   Special function key.

·   Mouse

Perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.

Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click) Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

·   Touchpad

Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

·   Scanner

Hardware ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.

v  Perangkat Pemrosesan Device

Process device adalah perangkat komputer yang berfungsi untuk mengolah atau memproses berbagai data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device dapat juga disebut sebagai ‘otak’ komputer karena dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.

Beberapa contoh process device adalah:

·         CPU: ini adalah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja pada

komputer, mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.

·         VGA: merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.

·         RAMRandom Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat menentukan kecepatan akses computer.

v  Perangkat Keluaran (Output Device)

Output device adalah perangkat dalam komputer yang berfungsi untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer yang kemudian dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Misalnya informasi atau data yang dikeluarkan dalam bentuk gambar, teks, video, dan audio.

Beberapa hardware untuk ouput divice tersebut diantaranya:

·         Monitor: mengacu dari pengertian hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.

·         Printer: seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.

·         Proyektor LCD: proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.

v  Perangkat penyimpanan pada computer

Perangkat penyimpan adalah hardware yang dapat menyimpan informasi dan data, baik perangkat di dalam komputer maupun di luar komputer. Salah satu contoh storage unit adalah harddisk yang berfungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.
Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan dalam komputer, namun bisa juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal.

v  Perangkat tambahan (periferal)

Periferal merupakan hardware yang berfungsi membantu komputer dalam menjalankan perintah dari pengguna. Modem adalah salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer yang berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

2.2.2      SOFTWARE

v  PENGERTIAN SOFTWARE

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan. Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan sebutan software ini merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer, data yang disimpan tersebut dapat berupa program ataupun berupa instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun oleh catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginan tersebut dibuat atau dirancanglah suatu susunan logika, logika yang dirancang atau disusun ini diolah melalui perankat lunak yang sering disebut dengan program dan data-data yang diolahnya. Pengelolahan pada perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal. diantaranya seperti sistem operasi “OS”, program dan juga data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin komputer. Software dapat disimpan di berbagai komponen perangkat keras (hardware). Software dapat disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna pada media penyimpanan seperti Hardisk, SSD, dan DVD. Beberapa software disimpan di dalam hardware penyimpanan secara permanen (ROM) yang disebut firmware. Firmware merupakan program kecil dengan instruksi dasar dari sebuah hardware yang biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman mesin.

v  Fungsi Software

·   Memproses data, perintah, atau instruksi khusus agar pengguna dapat

mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil informasi yang diinginkan.

·   Sarana interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat kerasnya.

·   Mengidentifikasi suatu program yang ada di sebuah komputer.

·   Menyediakan fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar dapat dioperasikan. Seperti ketersediaan sistem operasi pada komputer.

·   Penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, agar dapat dimengerti oleh komputer.

·   Program Aplikasi (Aplication Software)

Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu. Program aplikasi terdiri dari:

1.   Word Processing/Processor (Pengolah Kata)

Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (text basic).

-    Wordstar Profesional

-    Word Perfect

-    Chiwriter

-    Microsoft Word

-    Word Star

2.   Program Database

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.

1.   Dbase

2.   Foxpro

3.   Microsoft Acces

3.   Program Spreadsheet

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.

1. Lotus 123

2.   Microsoft Excel

3. Quatro

4. Supercheck

4.   Program CAD (Computer Aided Design)

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis)

1.Auto Cad

2. Pro Design

3. Corel Draw

4. Adobe Photoshop

5.   Program Layout Artikel (Publisher)

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/elektronik

1. Page Maker

2. Ventura

3. Harvard Publisher

4. Newmaster

 

v  Jenis Software

1.    Sistem Operasi

OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware.

Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer. Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.

 

2.    Program Aplikasi

Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya yaitu:

o Pengolah kata

Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb

o Pengolah angka

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.

o Pengolah presentasi

Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.

o Pengolah gambar

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.

o Dan lain-lain

Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb.

Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

o Malicious Software

Malicious software adalah software yang dibuat untuk melakukan instruksi-instruksi terkait merusak sistem komputer atau pencurian informasi pengguna, misalnya akun pribadi dan rekening bank. Beberapa contoh malware adalah virus komputer dan program phising (penipuan).

 

3.    Bahasa Pemograman

Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.

·   Assembler (perakit):

Merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.

Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek(object program=OBJ). Proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menampilkan daftar kesalahan-kesalahan sintaks(jika ada) yang dibuat oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.

·   Compiler:

Menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.

·   Interpreter:

Menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.

 

4.   Pembagian software menurut distribusinya.

Menurut distribusinya, software dapat dibagi menjadi:

·   Adware. Software ini umumnya bersifat gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.

·   Freeware. Software yang bersifat gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.

·   Shareware. Software jenis ini memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi kepemilikan dengan membeli serial number.

·   Spyware. Software yang mampu memata-matai aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data.

·   Open Source. Software yang bisa dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis, dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General Public License).

 

5.   Jenis Software Berdasarkan Distribusi

Software atau perangkat lunak biasanya dibuat oleh suatu perusahaan tertentu untuk memberikan suatu pelayanan terkait pemenuhan kebutuhan pengguna. Berikut jenis software yang dibedakan berdasarkan cara distribusi software.

1.   Shareware atau Trialware

Shareware adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembangan untuk tujuan tertentu terkait pemasaran suatu software. Shareware biasanya mempunyai fitur yang terbatas dari versi lain yang diproduksi oleh pengembang. Dalam kasus ini shareware kebanyakan berada dalam versi uji coba (trial) dan lite. Dalam versi trial, pengguna diberikan batasan waktu untuk menggunakan shareware.

Contohnya: Internet Download Manager.

2.   Commercial Software

Commercial software adalah jenis software yang didistribusikan secara berbayar untuk mendapatkan paket instalasi dan menggunakan lisensi spesifik terhadap masing-masing komputer atau akun pengguna. Commercial software mempunyai dukungan lembaga hukum terkait kebijakan distribusi software secara ilegal oleh pengguna.

Contohnya: Microsoft Office, Corel, dan MATLAB.

3.   Freeware atau Freesoftware

Freeware adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Freeware menyediakan versi penuh kepada pengguna. Freeware tidak memerlukan lisensi khusus untuk digunakan.

Contohnya: Google Chrome dan Mozilla Firefox

4.   Firmware

Firmware adalah software yang mengarah pada sebuah program yang menyediakan instruksi-instruksi dasar yang dapat dilakukan oleh suatu perangkat keras (hardware). Firmware didistribusikan secara gratis dan dilakukan pembaharuan secara berkala saat terjadi bug. Firmware yang tersimpan pada ROM tidak dapat dilakukan pembaharuan sedangkan firmware yang tersimpan pada EEPROM dapat dilakukan pembaharuan.

Contoh: Firmware Arduino.

5.   Open Source Software

Open source software atau perangkat lunak kode terbuka adalah jenis software yang kode sumbernya (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Berbeda dengan freeware yang didapatkan secara gratis namun tetap mempunyai ikatan hukum untuk tidak mendistribusikan ulang atau plagiat. Open source software dapat didistribusikan ulang dan modifikasi secara bebas oleh pengguna secara gratis maupun komersial tanpa lisensi khusus. Open source software biasanya dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan dukungan kontribusi oleh komunitas atau organisasi tertentu.

Contoh: WordPress dan Linux.

 

2.2.3   BRAINWARE

v PENGERTIAN BRAINWARE

Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkan. Tingkatan brainware terdiri atas system analyst, programmer, administrator, dan operator. Sedangkan bagian-bagian brainware terdiri atas operator komputer, teknisi, trainer, konsultan, project manager, programmer, graphic designer, spesialis jaringan, database administrator, dan system analitis.

Jadi secara sederhana istilah brainware disini merujuk kepada orang- orang yang menggunakan atau mengoperasikan perangkat komputer. Ini menjadikan istilah brainware adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan komputer. Brainware juga sering diasosiasikan sebagai perangkat intelektual yang mempunyai skill memakai dan menjelajahi sistem hardware (perangkat keras) mau pun software (perangkat lunak).

Sedangkan dalam dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware merujuk pada seseorang atau pun sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual dalam mengeksplorasi dan menjalankan jaringan sistem informasi manajemen perusahaan tersebut. Disini brainware sistem informasi manajemen bisnis akan sangat berguna dalam menghasilkan dan mengolah informasi menjadi benefit.

Keuntungan atau benefit ini akan berpengaruh pada perusahaan tersebut. Seperti pengolahan data, input dan output atau apa saja yang bisa didapatkan perusahaan untuk dapat dikelola nantinya. Semua itu akan berguna bagi kelangsungan organisasi maupun perusahaan untuk lebih unggul dalam kompetisi dan persaingan di dunia bisnis itu sendiri.

 

v JENIS -JENIS BRAINWARE

1. Operator Komputer

Bertanggung jawab untuk mengolah datamelalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harusmengikuti instruksi yang ditetapkan dalam runbook yang telahdisusun oleh Programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar Operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selamaprogram itu berjalan.

2.   Teknisi

Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang Teknisi harusmempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dansebagainya.  

3.   Trainer

Trainer adalah seorang Brainware yang mempunyai pengetahuan lebih banyak di banding lainnya, dan Brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.

4. Konsultan

Konsultan adalah Brainware yang bertanggung jawab layaknyaseorang penasehat handal di dalam bidangnya.

5. Project Manager

Project manager adalah Brainware yang bertanggung jawab sebagai pemimpin / komando di suatu project tertent.

6. Programmer

Bertugas membuat aplikasi komputer sehingga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.

7. Graphic Designer

Seorang Brainware yang berkecimpung di dunia Design Grafis dan mahir dalam hal membuat suatu objek animasi.

8. Spesialis Jaringan

Spesialis jaringan adalah seorang Brainware  yang  sudah mahir didalam dunia Jaringan Komputer. Dia bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan Jaringan Komputer.


v Komponen Brainware

·   Hardware engineer

Biasanya bidang pekerjaan ini adalah mereka yang memiliki pengetahuan serta keahlian di bidang perangkat keras komputer. Pekerja di bidang ini akan bertanggung jawab dalam pengembangan teknik atau metode baru dalam pembuatan hardware untuk membuat inovasi maupun produk yang lebih advance dari versi sebelumnya.

·   Software engineer

Mereka yang bekerja di bidang pengembangan software engineer juga harus memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang jaringan komputer. Software engineer bertanggung jawab dalam mengembangkan serta merancang teknik atau metode baru dalam jaringan komputer.

 

v Contoh- contoh Brainware

Selanjutnya adalah contoh- contoh penerapan dari istilah brainware itu sendiri. Dibawah ini adalah contoh- contoh brainware dalam penerapannya :

·   Netter

Netter adalah rujukan bagi mereka pengguna internet yang menjelajahi situs- situs web untuk mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini juga bisa mengacu pada individu, sekelompok orang mau pun sebuah organisasi.

·   EDP Department

Beberapa orang menyebutnya sebagai orang- orang yang berada di IT Department. EDP Department atau Pengolah Data Elektronik adalah penggunaan suatu metode otomatis dalam mengolah data komersial untuk suatu perusahaan.

·   Network System

Istilah ini merujuk pada sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan komputer. Normalnya sistem operasi ini terdiri dari atas banyak kumpulan layanan yang ditujukan agar dapat memberikan pelayanan bagi para pengguna komputer.

 

3.3    PENGGOLONGAN KOMPUTER

3.3.1   BERDASARKAN GENERASI

·      Komputer Generasi Pertama (I)

  Komputer ini memiliki komponen-komponen dari tabung hampa, sehingga ukurannya sangat besar. Pada tahun 1946 ENIAC, yaitu Komputer elektronik pertma di dunia,  dengan bobot mencapai 30 ton, panjang 30 m, tinggi 2,4 m dan bisa membutuhkan daya listrik sampai 174 kw.  

·      Komputer Generasi Kedua (II)

  Computer gerasi ini ditandai dengan penggunaan transistor, sebagai kompomen elektroniknya. Sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti, Cobol, Fortran, Algol. Mempunyai kapasitas memori utama sudah cukup besar,dan prosesnya pengoperasiannya sudah cepat,  sudah lebih kecil dan hemat biaya. Contoh komputer generasi II adalah UNIVAC (Universal Automatic Computer)

·      Komputer Generasi Ketiga (III)

   Komputer ini sudah menggunakan IC(Integrated Circuit), pemprosesannya lebih cepat, bentuk fisiknya pun sudah lebih kecil dan mulai banyak bermunculan application software. Dan memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program sekaligus. Kelebihan lain yang ada pada komputer ini adalah sudah mulai menggunakan keybord dan monitor. Contoh komputer generasi III adala IBM S/360

·      Komputer Generasi Keempat (IV)

   Komputer pada generasi sudah dilengkapi dengan tekhnologi LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian dikembangkan  komputer Micro yang menggunakan Micro Processor dan Semi Conductor. Contoh komputer generasi IV yaitu IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Apple II, COMMODORE PC.

·      Komputer Generasi Kelima (V)

   Komputer generasi ini, menggunakan VLSI(Veri Large Scale Integration), adanya Micro Processor dan semi conductor. Komputer generasi ini jga mengembangkan komputer yang bisa becakap sendiri dengan manusia sehingga bisa meniru  intelegensi manusia. Dan juga kenal dengan sebutan Generasi Pentium. Seolah-olah komputer ini memiliki pikiran sendiri.


3.3.2      BERDASARKAN PROCESSOR

·   Supercomputer

Mesin ini dapat menganalisis dan memvisualisasikan suatu proses atau fenomena yang tidak terlihat. Pada bidang bisnis, komputer jenis ini dapat membaca dan mengartikan suatu pola dalam sejumlah data yang besar.

·   Mainframe

Mainframe disediakan untuk banyak pengguna (multi user) dan setiap pengguna dapat menggunakan program yang berbeda pada saat yang sama (multitasking). Komputer jenis ini mempunyai CPU yang berbeda pada satu mesin sendiri, mempunyai peranggkap penyimpanan, komunikasi di satu mesin sendiri dan dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Komputer jenis ini biasanya digunakan pada perusahaan yang berskala besar.

·   Minicomputer
Minicomputer sebenarnya adalah bentuk mini dari komputer mainframe. Bedanya kalau mainframe dapat memiliki ribuan terminal, komputer mini lebih terbatas hanya sampai puluhan dan mungkin hanya ratusan.

·      Personal Computer (PC)
Personal Computer adalah komputer yang ditunjukan untuk satu pengguna dengan satu program aplikasi pada suatu saat. Komputer ini terdiri dari monitor, keyboard, dan CPU. Namun di dalam CPU ini sebenarnya tidak hanya terdapat prosesor, ada perangkat penyimpanan dan mungkin saja dipasangi perangkat tambahan (priferal). Komputer ini merupakan komputer yang paling banyak digunakan.

3.3.3   BERDASARKAN BENTUK DAN UKURAN FISIK

1. Tower (menara)

adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja,karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan. 

2.   Desktop (meja)

 adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai sekarang ini adalah jenis desktop. 

3.   Portable (mudah dibawah-bawah)

adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang popular karena relatif besar dan berat. 

4.   Notebook (buku catatan)

adalah computer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4  sampai 6 kg. Notebook memiliki speisifikasi yang cukup memadai dan hampir sama dengan komputer jenis PC. Notebook bisa saja memiliki Hardisk yang besar, Processor yang kuat dan memiliki DVD-ROM. Hanya saja, ada juga beberapa Notebook yang tidak memiliki DVD-ROM karena tuntutan ketipisan barang. 


5.  Subnotebook 

adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.


6.   Palmtop 

adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pamakai. 

3.3.4      BERDASARKAN JENIS DATA YANG DIOLAH

1.   Komputer Analog
Komputer Analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.

 

2. Komputer Digital
Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman). Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal computer).

 

3. Komputer Hybrid
Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. contoh dari komputer ini adalah faksimile.

3.3.5      BERDASARKAN TUJUANNYA

1. General Purpose Computer (Komputer untuk Tujuan Umum)

Sebagian besar komputer yang digunakan saat ini adalah general purpose computer, yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Dengan menggunakan jenis general purpose computer dan perangkat lunak tertentu maka berbagai macam tugas dapat diselesaikan, diantaranya menulis dan mengedit dokumen, memanipulasi data dalam database, melacak persediaan produksi, melakukan perhitungan ilmiah, atau bahkan mengontrol sistem keamanan, konsumsi listrik dan suhu bangunan sebuah organisasi.

Feneral purpose computer dirancang untuk melakukan berbagai macam fungsi dan operasi. Anda mungkin bahkan menggunakan jenis komputer ini untuk membaca artike ini dan sebenarnya saya juga menggunakan jenis general purpose computer untuk menulis artikel ini.

2.   Special Purpose Computer (Komputer untuk Tujuan Khusus)

Seperti namanya, special purpose computer dirancang untuk melakukan tugas tertentu dan hampir setiap waktu tugas jenis komputer ini adalah untuk memecahakan satu masalah tertentu. Mereka juga dikenal sebagai komputer khusus, karena dikhususkan untuk melakukan satu tugas berkali-kali.

Sistem special purpose computer akan sangat berguna dalam memainkan grafis video game yang intensif, sistem kontrol lampu lalu lintas, sistem navigasi di dalam pesawat, peramalan cuaca, pelacakan atau peluncuran satelit, penambangan minyak, dan pada industri otomotif, pencatat waktu pada jam tangan digital, atau robot helikopter.

Meskipun special purpose computer mungkin memiliki banyak fitur yang sama dengan yang ditemukan pada jenis general purpose computer, namun penerapannya untuk memecahkan masalah tertentu merupakan tujuan dari perancangan special purpose computer. Instruksi yang mengendalikannya dibangun langsung ke dalam komputer, sehingga membuat sebuah operasi lebih efisien dan efektif.

Special purpose computer hanya melakukan satu fungsi sehingga akan mengurangi jumlah memori yang dibutuhkan dan juga jumlah informasi yang dapat menjadi input ke dalamnya. Karena jenis komputer-komputer ini hanya harus melakukan satu tugas maka mereka cepat dalam melakukan pemrosesan.

Kekurangan dari jenis komputer ini adalah fleksibilitas komputer itu sendiri, special purpose computer tidak bisa digunakan untuk melakukan operasi-operasi lainnya.

 

4.1 KONFIGURASI SISTEM KOMPUTER

Komputer adalah sebuah perangkat yang memungkinkan seseorang lebih terbantu dan ringan terutama di dalam menghadapi persoalan pekerjaannya terlebih lagi apabila manusia dihadapkan pada persoalan menghitung angka-angka besar dan mempunyai tingkat kompleksitas yang tinggi. Namun apakah sebenarnya komputer tersebut dan apa saja perangkat yang ada di dalamnya?. Untuk menjawab semua itu marilah kita bahas arsitektur/ konfigurasi dari komputer tersebut.

Komputer terbagi menjadi beberapa bagian yaitu :

1.      Perangkat Keras atau yang dikenal dengan istilah Hardware

2.      Perangkat Lunak atau yang diistilahkan sebagai Software

3.      Serta Perangkat Otak atau yang dikenal dengan Brainware

 

4.2 INPUT DAN OUTPUT DEVICE

Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor, atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.

Fungsi input device pada komputer adalah untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance input. Signal input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh perangkat input device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, CD, hardisk dan lain-lain.

Fungsi input device pada komputer adalah untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance input. Signal input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh perangkat input device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, CD, hardisk dan lain-lain.

Fungsi output device pada komputer adalah untuk menerima keluaran data dari mikroprosesor CPU komputer yang telah diterjemahkan sehingga dapat berupa gambar, tulisan, suara dan sebagainya. Contoh perangkat output device yang biasanya digunakan untuk menerima hasil olahan komputer seperti printer, monitor, speaker, dan sebagainya.

 

4.3 CPU

v  Pengertian CPU

CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

Apapun itu semua hal yang berkaitan dengan proses dalam komputer baik suatu proses yang sepele sekalipun akan selalu diatur oleh CPU. Misalnya saat Anda menekan tombol huruf “H” pada keyboard saat mengetik, huruf “H” tersebut akan muncul di layar, CPU lah yang memungkinkan hal itu terjadi. Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun atau komputer tidak dapat menjalankan programnya.

CPU secara teknis juga lebih sering disebut sebagai prosesor, oleh karena itu saat membaca dan mengenali spesifikasi suatu prosesor maka sebenarnya Anda sedang membaca spesifikasi CPU suatu perangkat.

v  Komponen CPU

Suatu CPU setidaknya memiliki sebuah “prosesor” atau suatu chip yang tertanam didalamnya yang berfungsi dalam proses kalkulasi komputer. Namun, perkembangan teknologi yang semakin pesat juga memungkinkan sebuah CPU memiliki lebih dari prosesor atau yang juga disebut sebagai “processor core”.

Istilah-istilah yang sering kita dengar saat ini juga berasal dari perkembangan teknologi CPU tersebut misalnya teknologi “dual core” dimana dalam sebuah CPU terdapat dua processing core, maupun quad core yang memiliki empat processing core. Sebuah CPU yang canggih bahkan memiliki teknologi dengan enam (hexa core) maupun delapan processing core (octo core).

v  Fungsi CPU

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang diberikan melalui beberapa perangkat keras. CPU hampir sama seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kompleks dalam melakukan pemrosesan dari intruksi-intruksi yang diberikan. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada RAM, setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dipilih.

4.4 MEMORI

v  PENGERTIAN MEMORI

Memori (atau lebih tepat disebut memori fisik) merupakan istilah generik yang merujuk pada media penyimpanan data sementara pada komputer. Setiap program dan data yang sedang diproses oleh prosesor akan disimpan di dalam memori fisik. Data yang disimpan dalam memori fisik bersifat sementara, karena data yang disimpan di dalamnya akan tersimpan selama komputer tersebut masih dialiri daya (dengan kata lain, komputer itu masih hidup). Ketika komputer itu direset atau dimatikan, data yang disimpan dalam memori fisik akan hilang. Oleh karena itulah, sebelum mematikan komputer, semua data yang belum disimpan ke dalam media penyimpanan permanen (umumnya berbasis disk, semacam hard disk atau floppy disk), sehingga data tersebut dapat dibuka kembali di lain kesempatan. Memori fisik umumnya diimplementasikan dalam bentuk Random Access Memory (RAM), yang bersifat dinamis (DRAM). Mengapa disebut Random Access, adalah karena akses terhadap lokasi-lokasi di dalamnya dapat dilakukan secara acak (random), bukan secara berurutan (sekuensial). Meskipun demikian, kata random access dalam RAM ini sering menjadi salah kaprah. Sebagai contoh, memori yang hanya dapat dibaca (ROM), juga dapat diakses secara random, tetapi ia dibedakan dengan RAM karena ROM dapat menyimpan data tanpa kebutuhan daya dan tidak dapat ditulisi sewaktu-waktu. Selain itu, hard disk yang juga merupakan salah satu media penyimpanan juga dapat diakses secara acak, tapi ia tidak digolongkan ke dalam Random Access Memory.


v  PENGGUNAAN MEMORI

Beberapa jenis memori yang banyak digunakan adalah sebagai berikut:

·      Register prosesor

·         RAM atau Random Access Memory

·         Cache Memory (SRAM) (Static RAM)

·         Memori fisik (DRAM) (Dynamic RAM)

·         Perangkat penyimpanan berbasis disk magnetis

·         Perangkat penyimpanan berbasis disk optik

·         Memori yang hanya dapat dibaca atau ROM (Read Only Memory)

·         Flash Memory

·         Punched Card (kuno)

·         CD atau Compact Disk

·         DVD

 


DAFTAR PUSTAKA

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-komputer.html#:~:text=Secara%20umum%2C%20pengertian%20Komputer%20adalah,menghasilkan%20informasi%20bermanfaat%20bagi%20penggunanya.&text=Pengguna%20Komputer%20(Brainware)%20yaitu%20pemakai%20atau%20operator%20komputer

https://www.romadecade.org/sejarah-komputer/#

https://calon-amd.blogspot.com/2019/07/pengertian-komputer-menurut-para-ahli.html

https://syaifudinsulung.wordpress.com/2013/01/18/prinsip-kerja-komputer/

https://www.dosenpendidikan.co.id/hardware-adalah/

https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/komputer/pengertian-hardware.html

https://techno.okezone.com/read/2016/02/01/207/1302216/sejarah-singkat-mengenai-perkembangan-komputer

https://www.dosenpendidikan.co.id/software-adalah/

https://www.dosenpendidikan.co.id/brainware-adalah/

https://idcloudhost.com/pengertian-brainware-fungsi-jenis-jenis-komponen-dan-contoh-brainware/

http://planet2501.blogspot.com/2015/05/jenis-komputer-berdasarkan-bentuk-dan.html

http://pakdevakeren.blogspot.com/2013/08/penggolongan-komputer-berdasarkan-data.html

https://www.jejakwaktu.com/jenis-jenis-komputer-tujuan/

https://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/10/pengertian-input-dan-output.html#:~:text=Contoh%20perangkat%20input%20device%20atau,%2C%20hardisk%20dan%20lain%2Dlain.&text=Contoh%20perangkat%20output%20device%20yang,monitor%2C%20speaker%2C%20dan%20sebagainya

https://idcloudhost.com/kamus-hosting/cpu/

https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_(komputer)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar