TUGAS
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A
KURNIAWAN B. PRIANTO,
S.KOM.SH.MM
DITULIS OLEH :
YUSTA
11520123
1PA23
5.1 DASAR
PERANGKAT LUNAK
Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga
sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau
perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat
diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat
lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak
tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun bisa untuk
dioperasikan. Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan
pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk
menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak atau yang lebih
dikenal dengan sebutan software ini merupakan data elektronik yang disimpan
sedemikian rupa oleh komputer, data yang disimpan tersebut dapat berupa program
ataupun berupa instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun oleh
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya.
Untuk mencapai keinginan tersebut dibuat
atau dirancanglah suatu susunan logika, logika yang dirancang atau disusun ini
diolah melalui perankat lunak yang sering disebut dengan program dan data-data
yang diolahnya. Pengelolahan pada perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal.
diantaranya seperti sistem operasi “OS”, program dan juga data. Software ini
mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin
komputer. Software
dapat disimpan di berbagai komponen perangkat keras (hardware). Software dapat
disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna pada media penyimpanan
seperti Hardisk, SSD, dan DVD. Beberapa software disimpan di dalam hardware
penyimpanan secara permanen (ROM) yang disebut firmware. Firmware merupakan
program kecil dengan instruksi dasar dari sebuah hardware yang biasanya dibuat
dengan bahasa pemrograman mesin.
v
Fungsi Software
·
Memproses
data, perintah, atau instruksi khusus agar pengguna dapat
mengoperasikan
komputernya sesuai dengan hasil informasi yang diinginkan.
·
Sarana
interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat kerasnya.
·
Mengidentifikasi
suatu program yang ada di sebuah komputer.
·
Menyediakan
fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar dapat dioperasikan. Seperti
ketersediaan sistem operasi pada komputer.
·
Penerjemah
suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, agar dapat dimengerti
oleh komputer.
·
Program
Aplikasi (Aplication Software)
Merupakan suatu program paket yang
telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu. Program aplikasi terdiri
dari:
1. Word Processing/Processor (Pengolah Kata)
Merupakan salah satu program aplikasi
dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (text basic).
-
Wordstar Profesional
-
Word Perfect
-
Chiwriter
-
Microsoft Word
- Word Star
2.
Program
Database
Merupakan salah satu program aplikasi
yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.
1.
Dbase
2.
Foxpro
3.
Microsoft Acces
3. Program Spreadsheet
Merupakan
salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan,
atau melakukan perhitungan secara otomatis.
1. Lotus 123
2. Microsoft Excel
3. Quatro
4. Supercheck
4.
Program
CAD (Computer Aided Design)
Merupakan salah satu program aplikasi
yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis)
1. Auto Cad
2.
Pro Design
3. Corel Draw
4.
Adobe Photoshop
5.
Program
Layout Artikel (Publisher)
Merupakan salah satu program aplikasi
yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover
suatu media cetak/elektronik
1.
Page Maker
2.
Ventura
3. Harvard Publisher
4.
Newmaster
v Jenis Software
1.
Sistem Operasi
OS
adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi
dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini
juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi
ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah
tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS
disampaikan ke hardware.
Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi
Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian
oleh OS disampaikan ke Printer. Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh,
Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun
saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena
kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.
2.
Program Aplikasi
Software
ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah
untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi
yang membantu pekerjaan manusia.
Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya yaitu:
o Pengolah kata
Aplikasi
ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya.
Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb
o Pengolah angka
Aplikasi
ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh
aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.
o Pengolah presentasi
Aplikasi
ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain;
Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.
o Pengolah gambar
Aplikasi
ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain;
Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.
o Dan lain-lain
Dalam
aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan
sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft
Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power
Point, Microsoft Access dsb.
Perlu
diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu
atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa
di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di
beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows
maupun Linux.
Perlu diketahui juga bahwa sebuah
aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS
tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows.
Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi
Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.
o Malicious
Software
Malicious
software adalah software yang dibuat untuk melakukan instruksi-instruksi
terkait merusak sistem komputer atau pencurian informasi pengguna, misalnya
akun pribadi dan rekening bank. Beberapa contoh malware adalah virus komputer
dan program phising (penipuan).
3. Bahasa Pemograman
Software
ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut
dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly,
Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.
· Assembler (perakit):
Merupakan
program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis
dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik
menjadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik masing-masing kode operasi mesin
tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik
tertentu yang disebut dengan mnemonic.
Program
yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source
program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program
objek(object program=OBJ). Proses pembuatan program obyek dari program sumber
juga akan menampilkan daftar kesalahan-kesalahan sintaks(jika ada) yang dibuat
oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di
proses lebih lanjut.
· Compiler:
Menterjemahkan
setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan
menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga
menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah
pascal,c,dan masih banyak lagi.
· Interpreter:
Menterjemahkan
instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca
instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe.
Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.
4. Pembagian
software menurut distribusinya.
Menurut distribusinya, software
dapat dibagi menjadi:
· Adware. Software ini umumnya bersifat gratis
namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.
· Freeware. Software yang bersifat gratis dan dapat
digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki
fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.
· Shareware. Software jenis ini memiliki batasan
waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi
kepemilikan dengan membeli serial number.
· Spyware. Software yang mampu memata-matai
aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya
untuk mencuri data.
· Open
Source.
Software yang bisa dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan karena kode
sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis,
dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General
Public License).
5.
Jenis Software Berdasarkan Distribusi
Software
atau perangkat lunak biasanya dibuat oleh suatu perusahaan tertentu untuk
memberikan suatu pelayanan terkait pemenuhan kebutuhan pengguna. Berikut jenis
software yang dibedakan berdasarkan cara distribusi software.
1. Shareware
atau Trialware
Shareware
adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembangan
untuk tujuan tertentu terkait pemasaran suatu software. Shareware biasanya
mempunyai fitur yang terbatas dari versi lain yang diproduksi oleh pengembang.
Dalam kasus ini shareware kebanyakan berada dalam versi uji coba (trial) dan
lite. Dalam versi trial, pengguna diberikan batasan waktu untuk menggunakan
shareware.
Contohnya: Internet Download Manager.
2. Commercial
Software
Commercial
software adalah jenis software yang didistribusikan secara berbayar untuk
mendapatkan paket instalasi dan menggunakan lisensi spesifik terhadap
masing-masing komputer atau akun pengguna. Commercial software mempunyai
dukungan lembaga hukum terkait kebijakan distribusi software secara ilegal oleh
pengguna.
Contohnya: Microsoft Office, Corel, dan MATLAB.
3. Freeware
atau Freesoftware
Freeware
adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang.
Freeware menyediakan versi penuh kepada pengguna. Freeware tidak memerlukan
lisensi khusus untuk digunakan.
Contohnya: Google Chrome dan Mozilla Firefox
4. Firmware
Firmware
adalah software yang mengarah pada sebuah program yang menyediakan
instruksi-instruksi dasar yang dapat dilakukan oleh suatu perangkat keras
(hardware). Firmware didistribusikan secara gratis dan dilakukan pembaharuan
secara berkala saat terjadi bug. Firmware yang tersimpan pada ROM tidak dapat
dilakukan pembaharuan sedangkan firmware yang tersimpan pada EEPROM dapat dilakukan
pembaharuan.
Contoh: Firmware Arduino.
5.
Open Source Software
Open
source software atau perangkat lunak kode terbuka adalah jenis software yang
kode sumbernya (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang.
Berbeda dengan freeware yang didapatkan secara gratis namun tetap mempunyai
ikatan hukum untuk tidak mendistribusikan ulang atau plagiat. Open source
software dapat didistribusikan ulang dan modifikasi secara bebas oleh pengguna
secara gratis maupun komersial tanpa lisensi khusus. Open source software
biasanya dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan dukungan kontribusi oleh
komunitas atau organisasi tertentu.
Contoh:
WordPress dan Linux.
5.2 EVOLUSI PERANGKAT LUNAK
a.
Era Pioner
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar berikut
memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer.
Cara lain dalam mengakses komputer adalah
menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat
itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk
tujuan tertentu. Pada era ini,perangkat lunak
merupakan satu kesatuan dengan
perangkat kerasnya. Penggunaan komputer
dilakukan secara langsung dan
hasil yang selesai dikerjakan komputer berupa print
out. Proses yang di lakukan di dalam computer berupa baris instruksi yang
secara berurutan di proses antara lain:
1)
Batch Processing
Batch processing
adalah suatu model pengolahan
data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya
dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan
identitas tertentu, serta informasi
mengenai data-data yang
terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data
tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung
diproses.
Contoh dari penggunaan batch processing adalah
e-mail dan transaksi batch processing. Dalam suatu
sistem batch processing, transaksi
secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan
validasi tertentu,
dan ditambahkan ke transaction file yang berisi transaksi lain, dan kemudian dientri
ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan berikutnya, transaction file dapat divalidasi lebih lanjut dan
kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.
2)
Distribusi Terbatas
3)
Pembuatan Khusus
b.
Era Stabil
Komputer sudah banyak digunakan dan
terjangkau oleh kalangan industri dan perusahaan yang membawa pengaruh terhadap
perkembangan perangkat lunak. Kemampuan multitasking (banyak program) dan
multiuser (banyak pengguna) sudah dikenal juga sistem basis data. Proses yang
dilakukan oleh software pada era ini, antara lain:
1) Multi-Tasking dan Multi-User
Multitasking adalah istilah teknologi
informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak
pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber
daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux.
Linux adalah system operasi yang multitasking danmultiuser seperti kebanyakan
SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau
mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan.
Sistem Multi-User adalah suatu
sistem dimana lebih dari
satu user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat
keras, piranti lunak dan data/ informasi , orang dan prosedur melalui
masing-masing computer atau workstation.
2) Real Time System
(Bekerja dengan cepat)
Real Time System Disebut juga dengan
Sistem waktu nyata. Sistem yang harus menghasilkan
responyang tepat dalam batas
waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati
batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan
sistem.Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis
didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu
hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan
sistem seperti ini adalah
untuk memantau danmengontrol peralatan
seperti motor, assembly line, teleskop, atau
instrument lainnya. Peralatan telekomunikasi dan
jaringan komputer biasanya juga membutuhkan
pengendalian secara Real time. Contoh adalah pemesanan tiket pesawat online.
3) Progam Database
Database atau basis data
adalah kumpulan data yang
disimpan secara sistematis di
dalam komputer yang dapat diolah
atau dimanipulasi menggunakan perangkat
lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan
informasi.
c.
Era Mikro
Perangkat lunak pada era ini sudah
berkembang untuk memenuhi kebutuhan individu. Harga perangkat
lunak juga sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan
menjadi perangkat lunak sistem yang menangani perangkat internal
dan perangkat lunak aplikasi
yang digunakan secara langsung
oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi yang ada di dalam
perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Oleh sebab itu,
perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut:
1) Sistem mulai tersebar ke beberapa kalangan
masyarakat.
2) Software mengalami kecerdasan yang mempermudah
penggunaannya.
3) Harga setiap software mulai terjangkau oleh
individu.
d. Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat
di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya,
sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat
di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti
telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah
ditanamkan perangkat lunak untuk
mengatur operasi peralatan itu. Hebatnya lagi adalah setiap
peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.
Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan
lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan
beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam
perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun
semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai
bisa mengenal suara dan gambar.
Kecerdasan perangkat lunak pada era
ini membuat proses perkembangannya semakin luas menjadi:
1) Sistem Desktop
2)
Teknologi Objek
3)
Sistem Pakar
4)
Pemrosesan Paralel
5) Jaringan Komputer
5.3.
Klasifikasi Macam-Macam Perangkat Lunak
-
Perangkat lunak aplikasi (application software)
Adalah
suatu subkelas perangkat (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan
komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna.
Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan
pemakainya.
- Perangkat lunak gratis (freeware)
Freeware atau perangkat lunak gratis
Adalah perangkat lunak (software)
komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu,
sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar
(misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi
tambahan).
- Perangkat lunak uji coba (shareware /
trialware)
Adalah program terbatas, program
didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau
fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan
(misalnya 30 hari) yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian,
memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan
kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.
- Perangkat
lunak perusak (malware)
Adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware ini bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer.Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lain,apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga lewat hardware portable, seperti USB flashdisk, card reader, atau floppy disk (disket).
5.3.1
Bahasa Pemrograman (programming language)
Adalah program yang digunakan untuk
menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh
komputer.g. Program Bantu (utility) Program bantu merupakan perangkat lunak
yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya
dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan
lain-lain.
5.3.2
SISTEM OPERASI
OS
adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi
dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini
juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi
ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah
tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS
disampaikan ke hardware.
Misalnya, kita memberikan perintah
print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS
dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer. Contoh OS antara lain;
DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan
dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh
masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.
5.3.3 Program
Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi
pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk,
mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware
Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain.
Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
5.4 SOFTWARE OPEN SOURCE
Open source adalah kode
sumber atau kode dasar pada sebuah software yang biasanya tersedia untuk
modifikasi dapat digunakan kembali. Kode open source merupakan bagian dari
software yang sebagian.
Versi baru hanya dapat dibuat jika
orang yang mengadaptasinya membuat open source dan membuatnya tersedia
untuk orang lain. Kebalikan dari software open source adalah proprietary
software. Contohnya adalah Microsoft dan Apple.
Proprietary software mengandalkan
kode untuk menghasilkan pendapatan sehingga tidak ingin orang-orang
mencari-cari kode dan membuat versi baru secara gratis.
Banyak orang lebih suka software
open source karena mereka tertarik pada kontrol lebih besar atas software jenis
ini. Mereka dapat memeriksa kode untuk memastikan tidak melakukan apa pun yang
mereka inginkan, dan mereka hanya dapat mengubah bagian-bagian yang tidak
mereka sukai.
Pengguna software umum yang
bukan pemrogram juga bisa mengambil manfaat dari software open source karena
dapat digunakan untuk tujuan apapun. Umumnya programmer tidak dapat membebankan
biaya uang untuk software open source yang mereka buat.
Banyak programmer software open
source menemukan bahwa menagih uang kepada pengguna untuk layanan dan dukungan
software daripada untuk software itu sendiri lebih menguntungkan. Dengan cara
ini, software tetap gratis dan mereka menghasilkan uang dengan membantu orang
lain untuk menginstal, menggunakan, dan memecahkan masalah.
Jadi open source
software mengacu pada kode program yang didistribusikan secara terbuka
(termasuk kode yang tidak dikenai biaya) yang dapat digunakan dan dimodifikasi
oleh pengguna tanpa batasan.
Analogi untuk mendeskripsikan open
source adalah ibarat resep. Resep open source akan dipublikasikan yang berarti
bahwa siapapun dapat mengetahui bahan dan instruksi, dan bahkan menyesuaikan
resep untuk meningkatkan rasa hidangan.
Jika seseorang ingin mengetahui
resep yang bukan “open-source,” maka mereka harus membayar lisensi untuk dapat
menggunakannya. Selain itu, mereka tidak akan memiliki izin untuk
memodifikasinya, apalagi mendistribusikannya.
· Kekurangan
Open Source
Adapun
kekurangan open source adalah:
1.Butuh
waktu untuk mempelajari produk.
Microsoft Word dan Open Office
adalah dua opsi software dengan tingkat produktivitas serupa. Open Office
adalah versi open source Word. Meskipun hasilnya serupa ketika membandingkan
keduanya, bagaimana Anda dapat membuka kode membutuhkan beberapa langkah yang
sangat berbeda.
Anda akan selalu membutuhkan waktu
untuk mempelajari produk open source lebih lama terutama jika Anda belum begitu
paham dengan peningkatan softwarenya.
2.Tidak
ramah pengguna
Kekurangan lain dari sistem open
source adalah tidak ramah pengguna. Seperti sistem operasi berbasis Linux yang
sulit digunakan dibandingkan dengan sistem operasi Window. Paket dan software
diinstal dengan mudah di Window tetapi di Linux agak sulit, Anda perlu
menginstal melalui command line interface.
3.Masalah
Kompatibilitas Perangkat Keras
Banyak hardware terbaru yang
diproduksi tidak kompatibel dengan Linux. Oleh karena itu Anda harus bergantung
pada pihak ketiga sebab setiap kali Anda membeli hardware dari vendor, Anda
harus memastikan apakah memiliki dukungan untuk Linux atau tidak.
· Kelebihan
Open Source
Sementara
untuk kelebihan dari open source adalah:
1.Gratis
Untuk Digunakan
Manfaat terbesar menggunakan open
source adalah bebas untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan.
Biaya yang terkait dengan software open source sangat sedikit jika dibandingkan
dengan proprietary software.
2. Dapat
ditingkatkan secara konsisten
Siapa pun dapat mengotak-atik
software open source untuk memecahkan masalah atau memperbarui produk. Anda
dapat menambahkan fitur, menghentikan bug, dan memperbaiki serta meningkatkan
software dengan cara lain, tanpa perlu mencari izin resmi.
3. Dapat
menggunakannya sesuka Anda
Software open source tidak
memiliki masalah hak cipta, masalah royalti, atau pembayaran lain yang terkait
dengan penggunaannya. Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan Anda. Anda
juga dapat menyesuaikan software agar sesuai dengan kebutuhan Anda jika
diinginkan.
Contoh Open Source
Contoh sistem
operasi open source yang paling populer adalah:
1) Sistem
operasi Linux
2) Android
oleh Google
3) Open
office
4) Mozilla
Firefox
5) Firefox
browser
6) Pemutar
media VCL
7) Moodle
8) ClamWin
antivirus
9) Sistem manajemen konten WordPress
6.1
DATA DAN INFORMASI
A. PENGERTIAN DATA
Data adalah fakta
mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat
diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data
harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh
penerima.
Data dapat
berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat
digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data
apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi
selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di
dalam memori menurut format tertentu.
Informasi adalah
hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima
informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil
gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.
B. PENGERTIAN
DATA MENURUT AHLI
· John Dearden serta Robert N.
Antony
Pengertian
data menurut John Dearden Robert N. Antony ialah bentuk jamak dari kata datum
atau data item
· Jogyanto
Definisi
data menurut Jogyanto ialah kenyataan yang menggambarkan suatu peristiwa dan
kesatuan nyata.
· Arikunto
Pengertian
data dalam pandangan Arikunto ialah semua angka dan fakta yang bisa dijadikan
bahan untuk menyusun suatu informasi.
C.
PENGERTIAN INFORMASI MENURUT AHLI
Berikut dibawah ini beberapa
pengertian infomasi menurut para ahli.
· Anton M. Moeliono
Informasi
menurut Anton M.Moeliono ialah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar
atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang bisa
dijadikan dasar pengamatan analisis atau kesimpulan .
· Joner Hasugian
Joner
Hasugian mendefinisikan informasi ialah suatu konsep universal dalam jumlah
muatan besar yang melibatkan banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing
serta terekam pada sejumlah media.
· Jordon B. Davis
Pengertian
informasi menurut Jordon B. Davis ialah data yang telah diproses menjadi sebuah
bentuk yang penting bagi penerima informasi dan nilai yang nyata serta bisa
dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau masa yang akan datang.
· Kusrini
Informasi
menurut Kusrini ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang
berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini
atau mendukung sumber informasi.
D.
Perbedaan Data dan Informasi:
Data:
>
Data tidak memilki makna apapun.
> Data dapat berbentuk angka, fakta, rincian, dan juga segala bentuk pengamatan empiris
(observasi dan wawancara) terhadap suatu peristiwa.
> Bagi orang awam, data tidak dapat dipahami maksudnya.
> Data mempunyai lingkup lebih
detail dan bersifat teknis.
Informasi:
>
Informasi sudah memiliki suatu makna tertentu.
>
Informasi adalah data yang sudah diolah dengan menggunakan beragam teknik
tertentu.
>
Bagi orang awam, ketika membaca suatu informasi, maka mereka sudah mampu
memahami arti dari informasi tersebut.
>
Informasi biasanya menjelaskan sesuatu.
> Informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan.
6.2 STRUKTUR DATA
·
PENGERTIAN STRUKTUR DATA
Struktur data adalah cara
penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer
sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.
Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata
letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh
pengguna (user) ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan
pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna.
Setiap
baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record).
Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya
berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang
lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan
untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk
pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis.
Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet),
pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres),
juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.
6.2.1 TIPE
DATA SEDERHANA DAN MAJEMUK
A. Sederhana
Jenis struktur data sederhana dibagi menjadi
kebeberapa lingkup kecil lagi. Strukdur data sederhana dibagi menjadi dua.
· Array
Array adalah struktur data statis
yang menyimpan satu set elemen dengan tipe yang sama. Setiap elemen diakses
langsung melalui indeksnya. Indeks array harus berupa tipe data yang menyatakan
urutan, misalnya: integer atau karakter. Jumlah elemen array harus diketahui
sebelum program dijalankan. Tipe elemen array dapat berupa tipe sederhana, tipe
terstruktur atau tipe array lainnya. Nama array lainnya adalah array, tabel,
atau vektor.
· Record
Struktur data record adalah
kumpulan data yang terdiri dari beberapa bidang dengan berbagai jenis data.
B. Majemuk
Pada perkembangan selanjutnya,
struktur data dibuat semakin kompleks. Dari struktur data yang sederhana kini
mejadi struktur data majemuk. Pada struktur data majemuk ada yang linear dan
non-linear.
· Majemuk Linear
·
Stack
Stack adalah daftar linear yang
dikenal sebagai elemen puncak (top). Aturan penyisipan dan penghapusan elemen
tertentu (penyisipan selalu dilakukan “atas” (top) dan penghapusan selalu
dilakukan pada “atas”). Karena aturan penyisipan dan penghapusan seperti itu,
“top” adalah satu-satunya alamat di mana operasi terjadi. Elemen terakhir yang
ditambahkan akan menjadi elemen yang akan dihapus.
·
Queue
Queue adalah daftar linier yang
dikenali sebagai elemen pertama (head) dan elemen terakhir (tail). Penghapusan
elemen didefinisikan sebagai penyisipan setelah elemen terakhir. Penghapusan
selalu dilakukan pada elemen pertama dengan satu elemen dapat diakses melalui
informasi “next”.
·
List dan Multi List
Daftar dan Multi Daftar adalah
sekumpulan daftar linier dengan elemen-elemen dengan tipe yang sama. Daftar ini
memiliki urutan tertentu, yang masing-masing elemen terdiri dari 2 bagian.
· Majemuk Non-Linear
Pada struktur data majemuk non-linear dibagi mejadi
dua. Berikut 2 pembagian strutur data majemuk non-linear.
·
Binary-Tree (Pohon Biner)
Binary-Tree adalah himpunan
terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari simpul yang disebut root. Pohon
biner terdiri dua himpunan terpisah yang merupakan pohon biner yang disebut
sebagai sub-pohon kiri dan sub-pohon kanan pohon biner yang merupakan .
Pohon biner adalah jenis struktur
data yang sangat penting dan sering ditemukan dalam berbagai aplikasi.
Karakteristik yang dimiliki oleh pohon biner adalah bahwa setiap simpul
memiliki paling banyak dua anak, dan mungkin tidak memiliki anak. Istilah yang
digunakan sama dengan istilah pada pohon pada umumnya.
·
Grafik
Struktur data grafik adalah yang paling umum. Jika
struktur linear memungkinkan kita untuk mendefinisikan keterhubungan yang
berurutan antara entitas data. Maka pada struktur pohon data memungkinkan kita
untuk mendefinisikan keterkaitan data secara hierarkis. Maka pada struktur
grafik memungkinkan mendefinisikan koneksi tak terbatas antara entitas data.
6.2.2
OPERASI STRING
String adalah sederetan symbol yang tidak menentu panjangnya.
Yang dianggap sebagai panjang satu unit. String dapat berupa angka, huruf,
karakter khusus, maupun karakter unicode. Dalam bahasa C++ terdapat beberapa
fungsi yang digunakan untuk operasi pengolahan string.
·
MACAM – MACAM FUNGSI MANIPULASI STRING
String
adalah jenis data yang menyimpan untaian kata/ kalimat. Contoh variabel string
dalam kehidupan sehari adalah berupa semua bentuk nama dengan segala manifestasinya
seperti: nama orang, nama pekerjaan, nama instansi, hobby, alamat, makanan,
minuman dan lain-lain.
Dalam Bahasa
Pemrograman C/C++ string diimplementasikan ke dalam variabel dengan jenis
“array char” dan “pointer char”. Ada 3 (tiga) jenis pendefinisian type data
string di dalam C/C++, yaitu:
·
Dengan
menentukan panjang string, syntax:
char <namaVar>"[" <panjang>"]" [ =
<inisialisasi>];
Contoh:
char namaMhs[25];
·
Tanpa
menentukan panjang string dan memberikan nilai awal kepada string, syntax:
char <namaVar>"[]" = <inisialisasi>;
Contoh:
char
namaMhs[]="Ahmad Musthafa";
·
Dengan
menggunakan pointer char, syntax:
char *<namaVar> [ = <inisialisasi>];
Contoh:
char *namaMhs="Ahmad
Musthafa";
-Fungsi/procedure pengolahan string
·
strcpy(varstr1,
konst|varstr2);
Procedure ii berfungsi untuk
mengcopy isi dari konst atau varstr2 ke varstr1.
·
strcat(varstr1,
konst|varstr2);
Procedure ini berfungsi untuk
menggabungkan isi dari varstr1 dengan konst atau varstr2 dan menyimpan hasilnya
di varstr1.
·
strlen(konst|varstr);
Fungsi ini menghasilkan nilai
integer berupa panjang konst atau varstr.
·
strupr(varstr);
Procedure ini berfungsi untuk
mengkonversikan varstr ke huruf besar (Uppercase);
·
strlwr(varstr);
Procedure ini berfungsi untuk
mengkonversikan varstr ke huruf kecil (Lowercase);
Fungsi-fungsi dalam librari string.h
antara lain: strcpy, strncpy, strcat, strncat, strcmp, strncmp, strlen.
a. Strcpy
Berfungsi
untuk menyalin (copying) suatu string asal ke variable string tujuan. Bentuk
umumnya: strcpy (var_tujuan, string_asal). Procedure ini berfungsi untuk
mengcopy isi dari konst atau varstr2 ke varstr1.
b. Strncpy
Berfungsi untuk menyalin (copying) suatu string asal
ke variable string tujuan sebanyak n karakter sesuai yang diinginkan
programmer. Bentuk umumnya: strncpy(var_tujuan, string_asal, n);. Dengan n
adalah jumlah karakter yang ingin dipindahkan.
Cara menyalin substring di tengah:
Misal:
Char s2[10]
Char s1[15] = “Mar. 15, 2008”
s2bernilaiberapa?
Strncpy (s2,s1,3) –> s2 bernilai “Jan,
“
Strncpy (s2,&s1[5], 2) –> s2
bernilai “15”
c. Strcat
Berfungsi untuk
menambahkan string sumber kebagian akhirdari string tujuan. Bentuk umumnya:
strcat(tujuan, sumber);.
d. Strncat
Berfungsi sama dengan
fungsi strcat, yaitu menambahkan string sumber kebagian akhirdari string. Yang
membedakan adalah pada jumlah karakter yang dipindahkan. Fungsi ini dapat
memindahkan karakter sebanyak n karakter sesuai yang sudah deprogram oleh
programmer. Bentuk umumnya: strncat (tujuan, sumber, n); Dengan n adalah jumlah
karakter yang ingin dipindahkan.
e. Strcmp
Berfungsi untuk membandingkan dua buah string. Hasil
dari fungsi ini bertipe integer dengan nilai:
1) negative, bila string pertama
kurang dari string kedua.
2) Nol, bila string pertama sama
dengan string kedua.
3) Positif, bila string pertama
lebih banyak dari string kedua.
Bentuk umumnya: strcmp(string1, string2);
f. Strncmp
Berfungsi untuk membandingkan n karakter pertama
dalam dua buah string. Hasil dari fungsi ini sama dengan hasil dari fungsi
strcmp. Bentuk umumnya:
Strncmp (string1,
string2, n);. Dengan n adalah jumlah karakter yang ingin dibandingkan.
g. Strlen
Berfungsi untuk memperoleh jumlah karakter dari suatu
string. Bentuk umumnya: strlen(string);
Fungsi dari library ctype.h:
Fungsi operasi karaktek
a. Isalpha
Merupakan fungsi operasi karakter dengan tolok ukur
fungsi akan bernilai benar jika argument dalam syntax tersebut merupakan
karakter yang berupa huruf dalam alphabet. Bentuk umumnya: isalpha(char);
b. Isdigit
Merupakan fungsi operasi karakter dengan tolok ukur
syntax akan menghasilkan nilai benar (bukan nol) bila karakter merupakan sebuah
angka (digit) dari nol sampaisembilan. Bentuk umum: isdigit (char);
c. Islower
Merupakan fungsi operasi karakterdengan tolok ukur
syntax ini bernilai benar (bukan nol) jika karakter merupakan huruf kecil.
Bentuk umumnya: islower(char);.
d. Isupper
Merupakan fungsi operasi karakter dengan tolok ukur
fungsi ini akan menghasilkan nilai benar (bukan nol) jika karakter merupakan
huruf capital.
Bentuk umumnya: isupper (char);
e. Ispunct
Merupakan fasilitas yang ada dalam ctype.h yang
berfungsi untuk memasukkan karakter yang berupa tanda baca (punctuation), tidak
termasuk didalamnya karakter spasi, huruf alphabet, dan angka (digit).
Bentuk umumnya: ispunct (char);
f. Isspace
Merupakan fasilitas yang ada dalam ctype.h
yang berfungsi pada karakter-karakter seperti spasi, newline tab,dan tab.
Contoh penggunaannya:
C = getchar ();
while(isspace(c) && c!=EOF)
c = getchar ();
g. Tolower
Fungsi ini akan merubah
huruf capital menjadi huruf kecil.
Bentuk umum: tolower (char);
h. Toupper
Fungsi ini akan merubah
huruf kecil menjadi huruf kapital.
Bentuk umum: toupper (char);
Fungsi mathematic
%3d dan %-3d
int x=1;
%3d akan mencetak: _ _ 1 à
tetap member jarak 2 spasi
%-3d akan mencetak: 1 à
spasi kosong akan di hilangkan
Pada fungsi scanf, kita harus menyertakan
symbol & pada variabel yang diacu karena symbol & berguna sebagai
operator address-of. Jika kita menghilangkan symbol tersebut, maka program akan
error tetapi jika kita menginputkan string program tetap berjalan normal.
6.3 OPERASI
DASAR BOOLEAN
Aljabar
Boolean erat hubungannya dengan variabel-variabel biner dan operasi-operasi
logik. Aljabar Boolean memiliki fungsi yang terdiri dari variabel-variabel
biner yang dapat dinyatakan dalam bentuk tabel kebenaran yang memiliki
konstanta 0 dan 1, serta simbol-simbol operasi logik tertentu. Tabel kebenaran
dalam sebusah fungsi Boolean terdiri dari daftar semua kombinasi angka-angka
biner 0 dan 1 yang diberikan ke variabel-variabel biner dan daftar yang
memperlihatkan nilai fungsi untuk masing-masing kombinasi biner.
Aljabar
Boolean bekerja dengan himpunan {0, 1} pada operasi dan aturan tertentu.
Gerbang-gerbang logika erat kaitannya Aljabar Boole, karena biasa
digunakan untuk menyatakan nilai fungsi untuk masing-masing kombinasi
biner dengan operator tententu. Logika kombinasi merupakan
suatu rangkaian digital yang mempergunakan 2
atau lebih gerbang-gerbang logika.
Gerbang
logika merupakan rangkaian dengan satu atau lebih sinyal masukan tetapi
hanya menghasilkan satu sinyal keluaran. Kombinasi beberapa gerbang
logika dapat menjadi suatu rangkaian digital yang sangat komplek.
Pada dasarnya kompleksitas suatu rangkaian
digital dapat diserderhanakan sehingga rangkaian digital tersebut
dapat memanfaatkkan gerbang yang lebih sedikit.
Beberapa
operasi rangkaian logika dasar yang biasa digunakan dalam fungsi Boolean,
diantaranya adalah: INVERTER / INVERS / NOT, AND, OR, NAND, NOR, XOR, XNOR.
Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal masukan tetapi
hanya memiliki satu sinyal keluaran. Sedangkan gerbang OR akan memberikan
sinyal keluaran tinggi jika salah satu atau semua sinyal masukan bernilai
tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa gerbang OR hanya memiliki sinyal
keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai rendah.
Aljabar
Boolean mempunyai aplikasi yang luas dalam kehidupan, antara lain dalam bidang
jaringan pensaklaran dan rangkaian digital. Dalam jaringan persaklaran Aljabar
Boolean biasa menggambarkan saklar dalam keadaan tertutup dan terbuka, serta
hubungannya dalam bentuk seri dan paralel.
Suatu
rangkaian digital dengan kompleksitas yang tinggi dapat diserderhanakan
sehingga rangkaian digital tersebut dapat memanfaatkkan gerbang yang lebih
sedikit. Penyedeerhanaan yang biasa digunakan dalam rangkaian digital dikenal
dengan teknik reduksi. Teknik Reduksi yang sering
dipakai yaitu dengan memakai aljabar Bolean dengan teorema De
Morgan, Peta Karnough.
Dalam rangkaian
logika terdapat operasi dasar untuk menunjukkan suatu perilaku dari
operasi-operasi tersebut, operasi ini biasanya ditunjukkan dengan menggunakan
suatu tabel kebenaran. Tabel kebenaran berisi statemen-statemen bernilai
TRUE(T) and FALSE (F) yang dalam tabel dilambangkan dengan “1” untuk TRUE
(benar) dan “0” untuk FALSE (salah).
Berikut operasi-operasi dasar logika yang
dijelaskan dengan tabel kebenaran: NO
·
OPERASI INVERS
Operasi
INVERS / NOT merupakan suatu operasi yang menghasilkan keluaran nilai
kebalikannya. Operasi INVERS / NOT dilambangkan dengan tanda ( ¯ ) diatas
variabel atau tanda single apostrope ( ‘ ). Operasi ini akan mengubah logik
1(benar) menjadi 0(salah) dan sebaliknya, akan mengubah logik 0(salah) menjadi
logik 1(benar).
- · Operasi AND
Operasi
AND merupakan operasi boolean yang yang akan memghasilkan nilai 1 ketika
dipasangkan dengan 1
pula. Operasi AND
dilambangkan dengan dot ( . ). Operasi ini hanya akan menghasilkan nilai benar
jika kedua variabel bernilai benar, selain itu akan bernilai salah.
·
Operasi OR
Operasi
OR merupakan operasi yang hanya akan menghasilkan nilai benar(1) jika salah
satu variabelnya bernilai benar(1) serta akan menghasilkan nilai salah jika
kedua variabelnya bernilai salah. Operasi OR dilambangkan dengan plus (+).
·
Operasi Turunan
a) Operasi logika NOR
Operasi
NOR merupakan perpaduan dari operasi OR dan INVERS / NOT. Operasi NOR kan
menghasilkan keluaran OR yang di inverskan. Operasi NOR mempunyai dua buah
lambang yaitu lambang OR (+) dan INVERS / NOT ( ‘ ).
b) Operasi logika NAND
Operasi
NAND merupakan perpaduan dari operasi AND dan INVERS / NOT. Operasi NAND akan
menghasilkan keluaran AND yang di inverskan. Operasi NAND mempunyai dua buah
lambang yaitu lambang AND ( . ) dan INVERS / NOT ( ‘ )
c) Operasi
logika EXOR
EXOR
berarti exklusive OR berarti “yang satu atau yang satunya tapi tidak keduanya”.
Operasi XOR akan menghasilkan keluaran 1(benar) jika jumlah masukan yang
bernilai 1(benar) berjumlah ganjil. Operasi XOR merupakan hasil dari (a’.b) +
(a.b’) atau biasa ditulis a
d) Operasi logika EXOR
EXOR
berarti exklusive OR berarti “yang satu atau yang satunya tapi tidak keduanya”.
Operasi XOR akan menghasilkan keluaran 1(benar) jika jumlah masukan yang
bernilai 1(benar) berjumlah ganjil. Operasi XOR merupakan hasil dari (a’.b) +
(a.b’) atau biasa ditulis a.
https://mrdekatoz.wordpress.com/2018/01/30/teori-dasar-software-perangkat-lunak/
https://idcloudhost.com/kamus-hosting/cpu/
https://www.immersa-lab.com/pengertian-cpu-dan-fungsinya.htm
http://ardan2113r0673.blogspot.com/2016/06/evolusi-perangkat-lunak-bab-i.html
http://ilmuyang-bermanfaat.blogspot.com/2013/02/klasifikasi-perangkat-lunak-software.html
https://qwords.com/blog/apa-itu-open-source/
https://www.dictio.id/t/apa-perbedaan-antara-data-dan-informasi/13069/2
https://www.dictio.id/t/apa-perbedaan-antara-data-dan-informasi/13069
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2019/08/data-dan-informasi.html
http://irhandiferianto.orgfree.com/html/operasi_string.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_data
https://medium.com/@cecepahmadfauzi93/data-struktur-23cc996fe157
https://materikuliah.tigaputri.asia/operasi-string-c/
http://aluyah.blogspot.com/2013/06/fungsi-dan-macam-macam-fungsi-operasi.html
https://melindasherly.wordpress.com/2011/06/11/operasi-logika-dasar-aljabar-boolean/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar