Jumat, 16 Oktober 2020

TUGAS MATKUL PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A - MINGGU 2

 

TUGAS
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER 1A
KURNIAWAN B. PRIANTO,

S.KOM.SH.MM

 

 



 

DITULIS OLEH :

YUSTA

11520123

1PA23

 

 

5.1 DASAR PERANGKAT LUNAK

Nama lain dari Software adalah perangkat lunak. Karena disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun  bisa untuk dioperasikan. Software disebut juga dengan perangkat lunak, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak atau yang lebih dikenal dengan sebutan software ini merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer, data yang disimpan tersebut dapat berupa program ataupun berupa instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun oleh catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginan tersebut dibuat atau dirancanglah suatu susunan logika, logika yang dirancang atau disusun ini diolah melalui perankat lunak yang sering disebut dengan program dan data-data yang diolahnya. Pengelolahan pada perangkat lunak ini melibatkan beberapa hal. diantaranya seperti sistem operasi “OS”, program dan juga data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin komputer. Software dapat disimpan di berbagai komponen perangkat keras (hardware). Software dapat disimpan dan dioperasikan secara manual oleh pengguna pada media penyimpanan seperti Hardisk, SSD, dan DVD. Beberapa software disimpan di dalam hardware penyimpanan secara permanen (ROM) yang disebut firmware. Firmware merupakan program kecil dengan instruksi dasar dari sebuah hardware yang biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman mesin.

v  Fungsi Software

·   Memproses data, perintah, atau instruksi khusus agar pengguna dapat

mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil informasi yang diinginkan.

·   Sarana interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat kerasnya.

·   Mengidentifikasi suatu program yang ada di sebuah komputer.

·   Menyediakan fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar dapat dioperasikan. Seperti ketersediaan sistem operasi pada komputer.

·   Penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, agar dapat dimengerti oleh komputer.

·   Program Aplikasi (Aplication Software)

Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu. Program aplikasi terdiri dari:

1.   Word Processing/Processor (Pengolah Kata)

Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya menggunakan text (text basic).

-    Wordstar Profesional

-    Word Perfect

-    Chiwriter

-    Microsoft Word

-  Word Star

2.   Program Database

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola data base.

1. Dbase

2.   Foxpro

3. Microsoft Acces

3. Program Spreadsheet

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.

1. Lotus 123

2. Microsoft Excel

3. Quatro

4. Supercheck

4.   Program CAD (Computer Aided Design)

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (alat lukis)

1. Auto Cad

2. Pro Design

3. Corel Draw

4. Adobe Photoshop

5.   Program Layout Artikel (Publisher)

Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/elektronik

1. Page Maker

2. Ventura

3. Harvard Publisher

4. Newmaster

v  Jenis Software

1.    Sistem Operasi

OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware.

Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer. Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.

2.    Program Aplikasi

Software ini dibuat untuk tujuan tertentu. Maksud lain penciptaan software ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang membantu pekerjaan manusia.

Aplikasi dapat dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan fungsinya yaitu:

o Pengolah kata

Aplikasi ini digunakan untuk membuat dokumen seperti surat, amplop, label, makalah dan sebagainya. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Word, Open Office Org. Writer dsb

o Pengolah angka

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah angka dalam bentuk tabel dan grafik. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Excel, Open Office Org. Calc, Lotus dsb.

o Pengolah presentasi

Aplikasi ini digunakan untuk membuat presentasi. Contoh aplikasi ini antara lain; Microsoft Power Point, Open Office Org. Impress, Macromedia Flash MX dsb.

o Pengolah gambar

Aplikasi ini digunakan untuk mengolah gambar dan foto. Contoh aplikasi ini antara lain; Corel Draw, Adobe Potoshop dsb.

o Dan lain-lain

Dalam aplikasi ada istilah Paket Program. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan sebuah aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi. Contohnya; Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dsb.

Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

Perlu diketahui juga bahwa sebuah aplikasi biasanya hanya ditujukan untuk OS tertentu atau hanya mendukung OS tertentu. Contohnya; Microsoft Office yang hanya bisa di-instal di OS Windows. Tetapi ada juga aplikasi yang bisa di-instal di beberapa OS seperti aplikasi Mozilla Firefox yang bisa di-instal di Windows maupun Linux.

o Malicious Software

Malicious software adalah software yang dibuat untuk melakukan instruksi-instruksi terkait merusak sistem komputer atau pencurian informasi pengguna, misalnya akun pribadi dan rekening bank. Beberapa contoh malware adalah virus komputer dan program phising (penipuan).

3.    Bahasa Pemograman

Software ini digunakan untuk membuat aplikasi. Pengguna aplikasi ini biasa disebut dengan Programer. Jenis-jenis bahasa pemograman antara lain; Bahasa Assembly, Bahasa Fortran dan Bahasa Generasi Keempat.

·   Assembler (perakit):

Merupakan program yang digunakan untuk menterjemahkan program aplikasi yang ditulis dengan bahasa rakitan(assembly language) atau bahasa pemprogaman simbolik menjadi bahasa mesin. Dengan bahasa simbolik masing-masing kode operasi mesin tidak ditulis dengan bentuk bilangan biner, tetapi dengan suatu kode simbolik tertentu yang disebut dengan mnemonic.

Program yang ditulis dengan bahasa simbolik disebut dengan program sumber(source program) dan hasil terjemahannya dalam bentuk bahasa mesin disebut dengan program objek(object program=OBJ). Proses pembuatan program obyek dari program sumber juga akan menampilkan daftar kesalahan-kesalahan sintaks(jika ada) yang dibuat oleh pemprogram. Kesalahan ini harus dibetulkan terlebih dahulu sebelum di proses lebih lanjut.

·   Compiler:

Menterjemahkan setiap instruksi didalam suatu program sekaligus sama dengan assembler dan menghasilkan dengan program objek yang selanjutnya di link sehingga menghasilkan file exe.contoh perangkat lunak bahasa seperti ini adalah pascal,c,dan masih banyak lagi.

·   Interpreter:

Menterjemahkan instruksi satu persatu dan langsung di proses sebelum komputer membaca instruksi selanjutnya,sehingga tidak dihasilkan program obyek maupun file exe. Contoh untuk ini adalah: basic versi baku, dbase, dan sebagainya.

 

4.   Pembagian software menurut distribusinya.

Menurut distribusinya, software dapat dibagi menjadi:

·   Adware. Software ini umumnya bersifat gratis namun dengan kompensasi adanya iklan yang muncul.

·   Freeware. Software yang bersifat gratis dan dapat digunakan tanpa batas waktu tertentu. Umumnya, software jenis ini memiliki fitur-fitur yang kurang lengkap dan kurang powerfull.

·   Shareware. Software jenis ini memiliki batasan waktu tertentu dalam penggunaannya dan mengharuskan pengguna melakukan validasi kepemilikan dengan membeli serial number.

·   Spyware. Software yang mampu memata-matai aktifitas pengguna komputer. Software jenis ini sering disalahgunakan, misalnya untuk mencuri data.

·   Open Source. Software yang bisa dirubah, ditingkatkan dan disebarluaskan karena kode sumbernya (source code) dapat dibuka. Umumnya software ini bersifat gratis, dikembangkan oleh perorangan atau komunitas dan memiliki lisensi GPL (General Public License).

 

5.   Jenis Software Berdasarkan Distribusi

Software atau perangkat lunak biasanya dibuat oleh suatu perusahaan tertentu untuk memberikan suatu pelayanan terkait pemenuhan kebutuhan pengguna. Berikut jenis software yang dibedakan berdasarkan cara distribusi software.

1.   Shareware atau Trialware

Shareware adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembangan untuk tujuan tertentu terkait pemasaran suatu software. Shareware biasanya mempunyai fitur yang terbatas dari versi lain yang diproduksi oleh pengembang. Dalam kasus ini shareware kebanyakan berada dalam versi uji coba (trial) dan lite. Dalam versi trial, pengguna diberikan batasan waktu untuk menggunakan shareware.

Contohnya: Internet Download Manager.

2.   Commercial Software

Commercial software adalah jenis software yang didistribusikan secara berbayar untuk mendapatkan paket instalasi dan menggunakan lisensi spesifik terhadap masing-masing komputer atau akun pengguna. Commercial software mempunyai dukungan lembaga hukum terkait kebijakan distribusi software secara ilegal oleh pengguna.

Contohnya: Microsoft Office, Corel, dan MATLAB.

3.   Freeware atau Freesoftware

Freeware adalah jenis software yang didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Freeware menyediakan versi penuh kepada pengguna. Freeware tidak memerlukan lisensi khusus untuk digunakan.

Contohnya: Google Chrome dan Mozilla Firefox

4.   Firmware

Firmware adalah software yang mengarah pada sebuah program yang menyediakan instruksi-instruksi dasar yang dapat dilakukan oleh suatu perangkat keras (hardware). Firmware didistribusikan secara gratis dan dilakukan pembaharuan secara berkala saat terjadi bug. Firmware yang tersimpan pada ROM tidak dapat dilakukan pembaharuan sedangkan firmware yang tersimpan pada EEPROM dapat dilakukan pembaharuan.

Contoh: Firmware Arduino.

5.   Open Source Software

Open source software atau perangkat lunak kode terbuka adalah jenis software yang kode sumbernya (source code) didistribusikan secara gratis oleh pengembang. Berbeda dengan freeware yang didapatkan secara gratis namun tetap mempunyai ikatan hukum untuk tidak mendistribusikan ulang atau plagiat. Open source software dapat didistribusikan ulang dan modifikasi secara bebas oleh pengguna secara gratis maupun komersial tanpa lisensi khusus. Open source software biasanya dikembangkan oleh suatu perusahaan dengan dukungan kontribusi oleh komunitas atau organisasi tertentu.

Contoh: WordPress dan Linux.

 

5.2 EVOLUSI PERANGKAT LUNAK

a. Era Pioner

Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer.

Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini,perangkat   lunak   merupakan   satu   kesatuan   dengan   perangkat   kerasnya. Penggunaan   komputer   dilakukan   secara   langsung   dan   hasil   yang   selesai dikerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam computer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses antara lain:

1) Batch Processing

Batch   processing adalah   suatu   model   pengolahan   data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta   informasi   mengenai   data-data   yang   terdapat   dalam   batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses.

 

Contoh dari penggunaan batch processing adalah e-mail dan transaksi batch processing.   Dalam suatu   sistem batch   processing, transaksi   secara individual dientri melalui peralatan terminal, dilakukan validasi tertentu, dan ditambahkan ke   transaction   file yang   berisi   transaksi   lain, dan   kemudian dientri ke dalam sistem secara periodik. Di waktu kemudian, selama siklus pengolahan   berikutnya, transaction   file   dapat divalidasi   lebih   lanjut   dan kemudian digunakan untuk meng-up date master file yang berkaitan.

2) Distribusi Terbatas

3) Pembuatan Khusus

b. Era Stabil

Komputer sudah banyak digunakan dan terjangkau oleh kalangan industri dan perusahaan yang membawa pengaruh terhadap perkembangan perangkat lunak. Kemampuan multitasking (banyak program) dan multiuser (banyak pengguna) sudah dikenal juga sistem basis data. Proses yang dilakukan oleh software pada era ini, antara lain:

1) Multi-Tasking dan Multi-User

Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux. Linux adalah system operasi yang multitasking danmultiuser seperti kebanyakan SO yang ada pada saat ini. Multitasking pada linux artinya linux bisa atau mampu menjalankan beberapa proses dalam waktu yang bersamaan. Sistem   Multi-User   adalah   suatu   sistem   dimana   lebih   dari   satu   user menggunakan secara bersama satu atau lebih perangkat keras, piranti lunak dan data/ informasi , orang dan prosedur melalui masing-masing computer atau workstation.

2) Real Time System (Bekerja dengan cepat)

Real Time System Disebut juga dengan Sistem waktu nyata. Sistem yang harus   menghasilkan   responyang   tepat   dalam   batas   waktu   yang   telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem.Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan   sistem   seperti   ini   adalah   untuk   memantau   danmengontrol peralatan   seperti motor, assembly   line, teleskop, atau   instrument lainnya. Peralatan telekomunikasi   dan jaringan   komputer   biasanya   juga membutuhkan pengendalian secara Real time. Contoh adalah pemesanan tiket pesawat online.

3) Progam Database

Database atau basis   data adalah   kumpulan   data   yang   disimpan   secara sistematis   di   dalam   komputer   yang   dapat   diolah   atau   dimanipulasi menggunakan   perangkat   lunak (program   aplikasi) untuk   menghasilkan informasi.

c. Era Mikro

Perangkat lunak pada era ini  sudah berkembang untuk   memenuhi kebutuhan individu. Harga perangkat lunak juga sudah terjangkau oleh individu. Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang menangani perangkat internal   dan   perangkat   lunak   aplikasi   yang   digunakan   secara   langsung   oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Otomatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. Oleh sebab itu, perangkat lunak pada era ini mengalami perkembangan proses berikut:

1) Sistem mulai tersebar ke beberapa kalangan masyarakat.

2) Software mengalami kecerdasan yang mempermudah penggunaannya.

3) Harga setiap software mulai terjangkau oleh individu.

d. Era Modern

Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah   ditanamkan   perangkat lunak   untuk   mengatur   operasi peralatan itu. Hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung.

Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa   mengenal   suara   dan   gambar.  Kecerdasan perangkat lunak   pada   era   ini membuat proses perkembangannya semakin luas menjadi:

1) Sistem Desktop

2) Teknologi Objek

3) Sistem Pakar

4) Pemrosesan Paralel

5) Jaringan Komputer

5.3. Klasifikasi Macam-Macam Perangkat Lunak

         - Perangkat lunak aplikasi (application software)

 Adalah suatu subkelas perangkat (software) komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung, untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan si pengguna. Program ini dibuat programmer dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.

- Perangkat lunak gratis (freeware) Freeware atau perangkat lunak gratis 

Adalah perangkat lunak (software) komputer yang memiliki cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, sehingga dapat dibedakan dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan).

- Perangkat lunak uji coba (shareware / trialware)

 Adalah program terbatas, program didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang telah ditetapkan (misalnya 30 hari) yang biasa disebut dengan masa trial. Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari suatu program.

 - Perangkat lunak perusak (malware)

 Adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja untuk merusak tata kerja dari sistem komputer. Malware ini bekerja dengan mengganggu kinerja dari perangkat lunak yang ada dalam sistem komputer.Perangkat lunak perusak biasanya sangat mudah tersebar dari satu komputer ke komputer lain,apalagi yang terhubung dalam suatu jaringan (network), atau bisa juga lewat hardware portable, seperti USB flashdisk, card reader, atau floppy disk (disket).

5.3.1 Bahasa Pemrograman (programming language) 

Adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.g. Program Bantu (utility) Program bantu merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.

5.3.2 SISTEM OPERASI

OS adalah software yang pertama kali harus di instal ke komputer. Sedangkan fungsi dari OS, yaitu mengelola hardware dan sofware yang ada pada komputer. OS ini juga akan berfungsi sebagai perantara antara aplikasi dengan hardware. Jadi ketika kita memberikan perintah dari sebuah aplikasi kepada hardware, perintah tersebut akan disampaikan ke OS terlebih dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke hardware.

Misalnya, kita memberikan perintah print dari aplikasi Microsoft Word. Perintah tersebut akan disampaikan ke OS dahulu, baru kemudian oleh OS disampaikan ke Printer. Contoh OS antara lain; DOS, Windows, Macintosh, Linux dll. Setiap masing-masing OS mempunyai kelebihan dan kekurangan, namun saat ini OS Windows masih paling banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dalam mengoperasikan dan perawatan.

5.3.3  Program Bantu (Utility)

         Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.

5.4 SOFTWARE OPEN SOURCE

Open source adalah kode sumber atau kode dasar pada sebuah software yang biasanya tersedia untuk modifikasi dapat digunakan kembali. Kode open source merupakan bagian dari software yang sebagian.

Versi baru hanya dapat dibuat jika orang yang mengadaptasinya  membuat open source dan membuatnya tersedia untuk orang lain. Kebalikan dari software open source adalah proprietary software. Contohnya adalah Microsoft dan Apple.

Proprietary software mengandalkan kode untuk menghasilkan pendapatan sehingga tidak ingin orang-orang mencari-cari kode dan membuat versi baru secara gratis.

Banyak orang lebih suka software open source karena mereka tertarik pada kontrol lebih besar atas software jenis ini. Mereka dapat memeriksa kode untuk memastikan tidak melakukan apa pun yang mereka inginkan, dan mereka hanya dapat mengubah bagian-bagian yang tidak mereka sukai.

Pengguna software  umum yang bukan pemrogram juga bisa mengambil manfaat dari software open source karena dapat digunakan untuk tujuan apapun. Umumnya programmer tidak dapat membebankan biaya uang untuk software open source yang mereka buat.

Banyak programmer software open source menemukan bahwa menagih uang kepada pengguna untuk layanan dan dukungan software daripada untuk software itu sendiri lebih menguntungkan. Dengan cara ini, software tetap gratis dan mereka menghasilkan uang dengan membantu orang lain untuk menginstal, menggunakan, dan memecahkan masalah.

Jadi open source software mengacu pada kode program yang didistribusikan secara terbuka (termasuk kode yang tidak dikenai biaya) yang dapat digunakan dan dimodifikasi oleh pengguna tanpa batasan.

Analogi untuk mendeskripsikan open source adalah ibarat resep. Resep open source akan dipublikasikan yang berarti bahwa siapapun dapat mengetahui bahan dan instruksi, dan bahkan menyesuaikan resep untuk meningkatkan rasa hidangan.

Jika seseorang ingin mengetahui resep yang bukan “open-source,” maka mereka harus membayar lisensi untuk dapat menggunakannya. Selain itu, mereka tidak akan memiliki izin untuk memodifikasinya, apalagi mendistribusikannya.


·      Kekurangan Open Source

Adapun kekurangan open source adalah:

1.Butuh waktu untuk mempelajari produk.

Microsoft Word dan Open Office adalah dua opsi software dengan tingkat produktivitas serupa. Open Office adalah versi open source Word. Meskipun hasilnya serupa ketika membandingkan keduanya, bagaimana Anda dapat membuka kode membutuhkan beberapa langkah yang sangat berbeda.

Anda akan selalu membutuhkan waktu untuk mempelajari produk open source lebih lama terutama jika Anda belum begitu paham dengan peningkatan softwarenya.

2.Tidak ramah pengguna

Kekurangan lain dari sistem open source adalah tidak ramah pengguna. Seperti sistem operasi berbasis Linux yang sulit digunakan dibandingkan dengan sistem operasi Window. Paket dan software diinstal dengan mudah di Window tetapi di Linux agak sulit, Anda perlu menginstal melalui command line interface.

3.Masalah Kompatibilitas Perangkat Keras

Banyak hardware terbaru yang diproduksi tidak kompatibel dengan Linux. Oleh karena itu Anda harus bergantung pada pihak ketiga sebab setiap kali Anda membeli hardware dari vendor, Anda harus memastikan apakah memiliki dukungan untuk Linux atau tidak.

·      Kelebihan Open Source

Sementara untuk kelebihan dari open source adalah:

1.Gratis Untuk Digunakan

Manfaat terbesar menggunakan open source adalah bebas untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan. Biaya yang terkait dengan software open source sangat sedikit jika dibandingkan dengan proprietary software.

2. Dapat ditingkatkan secara konsisten

Siapa pun dapat mengotak-atik software open source untuk memecahkan masalah atau memperbarui produk. Anda dapat menambahkan fitur, menghentikan bug, dan memperbaiki serta meningkatkan software dengan cara lain, tanpa perlu mencari izin resmi.

3. Dapat menggunakannya sesuka Anda

Software open source tidak memiliki masalah hak cipta, masalah royalti, atau pembayaran lain yang terkait dengan penggunaannya. Anda dapat menggunakannya sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menyesuaikan software agar sesuai dengan kebutuhan Anda jika diinginkan.

Contoh Open Source

logo android

Contoh sistem operasi open source yang paling populer adalah:

1) Sistem operasi Linux

2) Android oleh Google

3) Open office

4) Mozilla Firefox

5) Firefox browser

6) Pemutar media VCL

7) Moodle

8) ClamWin antivirus

9) Sistem manajemen konten WordPress

6.1 DATA DAN INFORMASI

A. PENGERTIAN DATA

Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima.

Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu.

Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.

B.     PENGERTIAN DATA MENURUT AHLI

·   John Dearden serta Robert N. Antony

Pengertian data menurut John Dearden Robert N. Antony ialah bentuk jamak dari kata datum atau data item

·   Jogyanto

Definisi data menurut Jogyanto ialah kenyataan yang menggambarkan suatu peristiwa dan kesatuan nyata.

·   Arikunto

Pengertian data dalam pandangan Arikunto ialah semua angka dan fakta yang bisa dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi.

 

C.     PENGERTIAN INFORMASI MENURUT AHLI

Berikut dibawah ini beberapa pengertian infomasi menurut para ahli.

·   Anton M. Moeliono

Informasi menurut Anton M.Moeliono ialah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita. Informasi juga merupakan keterangan atau bahan nyata yang bisa dijadikan dasar pengamatan analisis atau kesimpulan .

·   Joner Hasugian

Joner Hasugian mendefinisikan informasi ialah suatu konsep universal dalam jumlah muatan besar yang melibatkan banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing serta terekam pada sejumlah media.

·   Jordon B. Davis

Pengertian informasi menurut Jordon B. Davis ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang penting bagi penerima informasi dan nilai yang nyata serta bisa dirasakan dalam keputusan-keputusan sekarang atau masa yang akan datang.

 

·   Kusrini

Informasi menurut Kusrini ialah data yang telah diproses menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.

 

D. Perbedaan Data dan Informasi:

Data:

> Data tidak memilki makna apapun.

  > Data dapat berbentuk angka, fakta, rincian, dan juga segala bentuk pengamatan empiris

      (observasi dan wawancara) terhadap suatu peristiwa.

   > Bagi orang awam, data tidak dapat dipahami maksudnya.

             > Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis.

Informasi:

> Informasi sudah memiliki suatu makna tertentu.

> Informasi adalah data yang sudah diolah dengan menggunakan beragam teknik tertentu.

> Bagi orang awam, ketika membaca suatu informasi, maka mereka sudah mampu memahami arti dari informasi tersebut.

> Informasi biasanya menjelaskan sesuatu.

> Informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan.

6.2 STRUKTUR DATA

·   PENGERTIAN STRUKTUR DATA

Struktur data adalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien.

Dalam teknik pemrograman, struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna.

Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar-sebar (spreadsheet), pangkal-data (database), pengolahan kata, citra yang dipampat (dikompres), juga pemampatan berkas dengan teknik tertentu yang memanfaatkan struktur data.

6.2.1   TIPE DATA SEDERHANA DAN MAJEMUK

A. Sederhana

Jenis struktur data sederhana dibagi menjadi kebeberapa lingkup kecil lagi. Strukdur data sederhana dibagi menjadi dua.

Struktur data

·   Array

Array adalah struktur data statis yang menyimpan satu set elemen dengan tipe yang sama. Setiap elemen diakses langsung melalui indeksnya. Indeks array harus berupa tipe data yang menyatakan urutan, misalnya: integer atau karakter. Jumlah elemen array harus diketahui sebelum program dijalankan. Tipe elemen array dapat berupa tipe sederhana, tipe terstruktur atau tipe array lainnya. Nama array lainnya adalah array, tabel, atau vektor.

·   Record

Struktur data record adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa bidang dengan berbagai jenis data.

B.  Majemuk

Pada perkembangan selanjutnya, struktur data dibuat semakin kompleks. Dari struktur data yang sederhana kini mejadi struktur data majemuk. Pada struktur data majemuk ada yang linear dan non-linear.

·   Majemuk Linear

·   Stack

Stack adalah daftar linear yang dikenal sebagai elemen puncak (top). Aturan penyisipan dan penghapusan elemen tertentu (penyisipan selalu dilakukan “atas” (top) dan penghapusan selalu dilakukan pada “atas”). Karena aturan penyisipan dan penghapusan seperti itu, “top” adalah satu-satunya alamat di mana operasi terjadi. Elemen terakhir yang ditambahkan akan menjadi elemen yang akan dihapus.

·   Queue

Queue adalah daftar linier yang dikenali sebagai elemen pertama (head) dan elemen terakhir (tail). Penghapusan elemen didefinisikan sebagai penyisipan setelah elemen terakhir. Penghapusan selalu dilakukan pada elemen pertama dengan satu elemen dapat diakses melalui informasi “next”.

·   List dan Multi List

Daftar dan Multi Daftar adalah sekumpulan daftar linier dengan elemen-elemen dengan tipe yang sama. Daftar ini memiliki urutan tertentu, yang masing-masing elemen terdiri dari 2 bagian.

·   Majemuk Non-Linear

Pada struktur data majemuk non-linear dibagi mejadi dua. Berikut 2 pembagian strutur data majemuk non-linear.

·   Binary-Tree (Pohon Biner)

Binary-Tree adalah himpunan terbatas yang mungkin kosong atau terdiri dari simpul yang disebut root. Pohon biner terdiri dua himpunan terpisah yang merupakan pohon biner yang disebut sebagai sub-pohon kiri dan sub-pohon kanan pohon biner yang merupakan .

Pohon biner adalah jenis struktur data yang sangat penting dan sering ditemukan dalam berbagai aplikasi. Karakteristik yang dimiliki oleh pohon biner adalah bahwa setiap simpul memiliki paling banyak dua anak, dan mungkin tidak memiliki anak. Istilah yang digunakan sama dengan istilah pada pohon pada umumnya.

·      Grafik

Struktur data grafik adalah yang paling umum. Jika struktur linear memungkinkan kita untuk mendefinisikan keterhubungan yang berurutan antara entitas data. Maka pada struktur pohon data memungkinkan kita untuk mendefinisikan keterkaitan data secara hierarkis. Maka pada struktur grafik memungkinkan mendefinisikan koneksi tak terbatas antara entitas data.

6.2.2 OPERASI STRING

String adalah sederetan symbol yang tidak menentu panjangnya. Yang dianggap sebagai panjang satu unit. String dapat berupa angka, huruf, karakter khusus, maupun karakter unicode. Dalam bahasa C++ terdapat beberapa fungsi yang digunakan untuk operasi pengolahan string.

·   MACAM – MACAM FUNGSI MANIPULASI STRING

String adalah jenis data yang menyimpan untaian kata/ kalimat. Contoh variabel string dalam kehidupan sehari adalah berupa semua bentuk nama dengan segala manifestasinya seperti: nama orang, nama pekerjaan, nama instansi, hobby, alamat, makanan, minuman dan lain-lain.

Dalam Bahasa Pemrograman C/C++ string diimplementasikan ke dalam variabel dengan jenis “array char” dan “pointer char”. Ada 3 (tiga) jenis pendefinisian type data string di dalam C/C++, yaitu:

·   Dengan menentukan panjang string, syntax:
char <namaVar>"[" <panjang>"]" [ = <inisialisasi>];

Contoh:

char namaMhs[25];

 

·   Tanpa menentukan panjang string dan memberikan nilai awal kepada string, syntax:
char <namaVar>"[]" = <inisialisasi>;

Contoh:

char namaMhs[]="Ahmad Musthafa";

·   Dengan menggunakan pointer char, syntax:
char *<namaVar> [ = <inisialisasi>];

Contoh:

char *namaMhs="Ahmad Musthafa";

 

-Fungsi/procedure pengolahan string

·   strcpy(varstr1, konst|varstr2);

Procedure ii berfungsi untuk mengcopy isi dari konst atau varstr2 ke varstr1.

·   strcat(varstr1, konst|varstr2);

Procedure ini berfungsi untuk menggabungkan isi dari varstr1 dengan konst atau varstr2 dan menyimpan hasilnya di varstr1.

 

·   strlen(konst|varstr);

Fungsi ini menghasilkan nilai integer berupa panjang konst atau varstr.

 

·   strupr(varstr);

Procedure ini berfungsi untuk mengkonversikan varstr ke huruf besar (Uppercase);

·   strlwr(varstr);

Procedure ini berfungsi untuk mengkonversikan varstr ke huruf kecil (Lowercase);

Fungsi-fungsi dalam librari string.h antara lain: strcpy, strncpy, strcat, strncat, strcmp, strncmp, strlen.

a. Strcpy

Berfungsi untuk menyalin (copying) suatu string asal ke variable string tujuan. Bentuk umumnya: strcpy (var_tujuan, string_asal). Procedure ini berfungsi untuk mengcopy isi dari konst atau varstr2 ke varstr1.

b. Strncpy

Berfungsi untuk menyalin (copying) suatu string asal ke variable string tujuan sebanyak n karakter sesuai yang diinginkan programmer. Bentuk umumnya: strncpy(var_tujuan, string_asal, n);. Dengan n adalah jumlah karakter yang ingin dipindahkan.

Cara menyalin substring di tengah:

Misal:

Char s2[10]

Char s1[15] = “Mar. 15, 2008”

s2bernilaiberapa?

Strncpy (s2,s1,3) –> s2 bernilai “Jan, “

Strncpy (s2,&s1[5], 2) –> s2 bernilai “15”

c. Strcat

Berfungsi untuk menambahkan string sumber kebagian akhirdari string tujuan. Bentuk umumnya: strcat(tujuan, sumber);.

d. Strncat

Berfungsi sama dengan fungsi strcat, yaitu menambahkan string sumber kebagian akhirdari string. Yang membedakan adalah pada jumlah karakter yang dipindahkan. Fungsi ini dapat memindahkan karakter sebanyak n karakter sesuai yang sudah deprogram oleh programmer. Bentuk umumnya: strncat (tujuan, sumber, n); Dengan n adalah jumlah karakter yang ingin dipindahkan.

e. Strcmp

Berfungsi untuk membandingkan dua buah string. Hasil dari fungsi ini bertipe integer dengan nilai:

1) negative, bila string pertama kurang dari string kedua.

2) Nol, bila string pertama sama dengan string kedua.

3) Positif, bila string pertama lebih banyak dari string kedua.

Bentuk umumnya: strcmp(string1, string2);

f. Strncmp

Berfungsi untuk membandingkan n karakter pertama dalam dua buah string. Hasil dari fungsi ini sama dengan hasil dari fungsi strcmp. Bentuk umumnya:

Strncmp (string1, string2, n);. Dengan n adalah jumlah karakter yang ingin dibandingkan.

g. Strlen

Berfungsi untuk memperoleh jumlah karakter dari suatu string. Bentuk umumnya: strlen(string);

Fungsi dari library ctype.h:

Fungsi operasi karaktek

a. Isalpha

Merupakan fungsi operasi karakter dengan tolok ukur fungsi akan bernilai benar jika argument dalam syntax tersebut merupakan karakter yang berupa huruf dalam alphabet. Bentuk umumnya: isalpha(char);

b. Isdigit

Merupakan fungsi operasi karakter dengan tolok ukur syntax akan menghasilkan nilai benar (bukan nol) bila karakter merupakan sebuah angka (digit) dari nol sampaisembilan. Bentuk umum: isdigit (char);

c. Islower

Merupakan fungsi operasi karakterdengan tolok ukur syntax ini bernilai benar (bukan nol) jika karakter merupakan huruf kecil.

Bentuk umumnya: islower(char);.

d. Isupper

Merupakan fungsi operasi karakter dengan tolok ukur fungsi ini akan menghasilkan nilai benar (bukan nol) jika karakter merupakan huruf capital.

Bentuk umumnya: isupper (char);

e. Ispunct

Merupakan fasilitas yang ada dalam ctype.h yang berfungsi untuk memasukkan karakter yang berupa tanda baca (punctuation), tidak termasuk didalamnya karakter spasi, huruf alphabet, dan angka (digit).

Bentuk umumnya: ispunct (char);

f. Isspace

Merupakan fasilitas yang ada dalam ctype.h yang berfungsi pada karakter-karakter seperti spasi, newline tab,dan tab. Contoh penggunaannya:

C = getchar ();

while(isspace(c) && c!=EOF)

c = getchar ();

g. Tolower

Fungsi ini akan merubah huruf capital menjadi huruf kecil.

Bentuk umum: tolower (char);

h. Toupper

Fungsi ini akan merubah huruf kecil menjadi huruf kapital.

Bentuk umum: toupper (char);

Fungsi mathematic

%3d dan %-3d

int x=1;

%3d akan mencetak: _ _ 1 à tetap member jarak 2 spasi

%-3d akan mencetak: 1 à spasi kosong akan di hilangkan

Pada fungsi scanf, kita harus menyertakan symbol & pada variabel yang diacu karena symbol & berguna sebagai operator address-of. Jika kita menghilangkan symbol tersebut, maka program akan error tetapi jika kita menginputkan string program tetap berjalan normal.

 

6.3     OPERASI DASAR BOOLEAN

Aljabar Boolean erat hubungannya dengan variabel-variabel biner dan operasi-operasi logik. Aljabar Boolean memiliki fungsi yang terdiri dari variabel-variabel biner yang dapat dinyatakan dalam bentuk tabel kebenaran yang memiliki konstanta 0 dan 1, serta simbol-simbol operasi logik tertentu. Tabel kebenaran dalam sebusah fungsi Boolean terdiri dari daftar semua kombinasi angka-angka biner 0 dan 1 yang diberikan ke variabel-variabel biner dan daftar yang memperlihatkan nilai fungsi untuk masing-masing kombinasi biner.

Aljabar Boolean bekerja dengan himpunan {0, 1} pada operasi dan aturan tertentu. Gerbang-gerbang logika erat kaitannya Aljabar Boole, karena biasa  digunakan untuk menyatakan nilai fungsi untuk masing-masing kombinasi biner dengan operator tententu. Logika kombinasi  merupakan  suatu  rangkaian  digital  yang  mempergunakan  2  atau  lebih  gerbang-gerbang logika.

Gerbang logika  merupakan rangkaian dengan satu atau lebih sinyal masukan tetapi hanya  menghasilkan satu sinyal keluaran. Kombinasi beberapa gerbang logika dapat menjadi suatu rangkaian digital yang sangat  komplek. Pada dasarnya  kompleksitas  suatu  rangkaian  digital  dapat  diserderhanakan sehingga rangkaian digital tersebut dapat memanfaatkkan gerbang yang lebih sedikit.

Beberapa operasi rangkaian logika dasar yang biasa digunakan dalam fungsi Boolean, diantaranya adalah: INVERTER / INVERS / NOT, AND, OR, NAND, NOR, XOR, XNOR. Gerbang AND mempunyai dua atau lebih dari dua sinyal  masukan tetapi hanya memiliki satu sinyal keluaran.  Sedangkan gerbang OR akan memberikan sinyal keluaran tinggi jika salah satu atau semua sinyal masukan bernilai tinggi, sehingga  dapat dikatakan bahwa gerbang OR hanya memiliki sinyal keluaran rendah jika semua sinyal masukan bernilai rendah.

Aljabar Boolean mempunyai aplikasi yang luas dalam kehidupan, antara lain dalam bidang jaringan pensaklaran dan rangkaian digital. Dalam jaringan persaklaran Aljabar Boolean biasa menggambarkan saklar dalam keadaan tertutup dan terbuka, serta hubungannya dalam bentuk seri dan paralel.

Suatu rangkaian digital dengan kompleksitas yang tinggi dapat  diserderhanakan sehingga rangkaian digital tersebut dapat memanfaatkkan gerbang yang lebih sedikit. Penyedeerhanaan yang biasa digunakan dalam rangkaian digital dikenal dengan  teknik  reduksi.  Teknik Reduksi yang sering dipakai yaitu dengan memakai  aljabar Bolean dengan teorema De Morgan,  Peta Karnough.

 Dalam rangkaian logika terdapat operasi dasar untuk menunjukkan suatu perilaku dari operasi-operasi tersebut, operasi ini biasanya ditunjukkan dengan menggunakan suatu tabel kebenaran. Tabel kebenaran berisi statemen-statemen bernilai TRUE(T) and FALSE (F) yang dalam tabel dilambangkan dengan “1” untuk TRUE (benar) dan “0” untuk FALSE (salah).

Berikut operasi-operasi dasar logika yang dijelaskan dengan tabel kebenaran: NO

·      OPERASI INVERS

Operasi INVERS / NOT merupakan suatu operasi yang menghasilkan keluaran nilai kebalikannya. Operasi INVERS / NOT dilambangkan dengan tanda ( ¯ ) diatas variabel atau tanda single apostrope ( ‘ ). Operasi ini akan mengubah logik 1(benar) menjadi 0(salah) dan sebaliknya, akan mengubah logik 0(salah) menjadi logik 1(benar).

  • ·                  Operasi AND

Operasi AND merupakan operasi boolean yang yang akan memghasilkan nilai 1 ketika dipasangkan dengan 1 pula.           Operasi AND dilambangkan dengan dot ( . ). Operasi ini hanya akan menghasilkan nilai benar jika kedua variabel bernilai benar, selain itu akan bernilai salah.

·         Operasi OR

Operasi OR merupakan operasi yang hanya akan menghasilkan nilai benar(1) jika salah satu variabelnya bernilai benar(1) serta akan menghasilkan nilai salah jika kedua variabelnya bernilai salah. Operasi OR dilambangkan dengan plus (+).

·         Operasi Turunan

a)   Operasi logika NOR

Operasi NOR merupakan perpaduan dari operasi OR dan INVERS / NOT. Operasi NOR kan menghasilkan keluaran OR yang di inverskan. Operasi NOR mempunyai dua buah lambang yaitu lambang OR (+) dan INVERS / NOT ( ‘ ).

b)  Operasi logika NAND

Operasi NAND merupakan perpaduan dari operasi AND dan INVERS / NOT. Operasi NAND akan menghasilkan keluaran AND yang di inverskan. Operasi NAND mempunyai dua buah lambang yaitu lambang AND ( . ) dan INVERS / NOT ( ‘ )

c)      Operasi logika EXOR

EXOR berarti exklusive OR berarti “yang satu atau yang satunya tapi tidak keduanya”. Operasi XOR akan menghasilkan keluaran 1(benar) jika jumlah masukan yang bernilai 1(benar) berjumlah ganjil. Operasi XOR merupakan hasil dari (a’.b) + (a.b’) atau biasa ditulis a 

d)     Operasi logika EXOR

EXOR berarti exklusive OR berarti “yang satu atau yang satunya tapi tidak keduanya”. Operasi XOR akan menghasilkan keluaran 1(benar) jika jumlah masukan yang bernilai 1(benar) berjumlah ganjil. Operasi XOR merupakan hasil dari (a’.b) + (a.b’) atau biasa ditulis a.

 DAFTAR PUSAKA

https://mrdekatoz.wordpress.com/2018/01/30/teori-dasar-software-perangkat-lunak/

https://idcloudhost.com/kamus-hosting/cpu/

https://www.immersa-lab.com/pengertian-cpu-dan-fungsinya.htm

http://ardan2113r0673.blogspot.com/2016/06/evolusi-perangkat-lunak-bab-i.html

http://ilmuyang-bermanfaat.blogspot.com/2013/02/klasifikasi-perangkat-lunak-software.html

https://qwords.com/blog/apa-itu-open-source/

https://www.dictio.id/t/apa-perbedaan-antara-data-dan-informasi/13069/2

https://www.dictio.id/t/apa-perbedaan-antara-data-dan-informasi/13069

https://www.seputarpengetahuan.co.id/2019/08/data-dan-informasi.html

http://irhandiferianto.orgfree.com/html/operasi_string.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_data

https://medium.com/@cecepahmadfauzi93/data-struktur-23cc996fe157

https://materikuliah.tigaputri.asia/operasi-string-c/

http://aluyah.blogspot.com/2013/06/fungsi-dan-macam-macam-fungsi-operasi.html

https://melindasherly.wordpress.com/2011/06/11/operasi-logika-dasar-aljabar-boolean/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar